Ramuan Herbal Ini Ampuh Tingkatkan Nafsu Makan Ternak Kambing


Pertanianku – Banyak peternak saat ini lebih memercayakan ramuan herbal alami untuk mengobati ternak yang sakit. Bahkan, beberapa peternak kini lebih memilih membuat ramuan herbal dengan bahan alami sendiri untuk menekan pengeluaran. Jika peternak harus membeli obat, harganya pun cukup mahal.

Dengan menggunakan ramuan herbal yang dibuat sendiri, harganya pun sangat terjangkau. Namun, usaha pencegahan juga butuh kita lakukan dengan menjaga kebersihan ternak dan lingkungannya, pemberian pakan yang cukup (dengan memerhatikan kualitas dan kuantitas), bersih dan tak beracun. Untuk menanggulangi beberapa penyakit yang sering menyerang kambing, kita bisa melakukan dengan pengobatan tradisional atau dengan menggunakan obat herbal.

Dengan meningkatnya nafsu makan kambing, produktivitasnya bakal meningkat dan ternak bisa terjaga stamina, daya tahan tubuh, serta terhindar dari stres dan penyakit. Untuk itu, upaya menambah nafsu makan harus selalu kita berikan.

Berikut cara membuat ramuan herbal untuk meningkatkan nafsu makan hewan ternak:

  1. Daun talas 3 lembar dan garam dapur 3 sendok makan direbus selama 15 menit. Daun yang telah matang diberikan setiap ekor kambing.
  2. Kencur satu gelas dengan takaran 1 ons, diparut dan dicampur kuning telur ayam 1 butir. Jamu ini diberikan setiap 3 hari sekali hingga kondisi makan kambing normal kembali.
  3. Daun buni, umbi lempuyang gajah dan terasi secukupnya ditumbuk hingga halus, lalu ditambah sedikit air matang. Ramuan ini diperas dan diambil sarinya dan airnya diberikan pada kambing.
  4. Mentimun 2 buah diparut, lalu dicampur garam dapur, asam jawa, terasi, dan air secukupnya. Ramuan ini siap diberikan pada kambing untuk satu kali pemberian.
  5. Daun buni 5 lembar, lengkuas sebesar ibu jari, terasi dan garam dapur secukupnya ditumbuk hingga halus lalu ditambahkan air secukupnya. Ramuan ini diperas dan airnya disaring dan diberikan pada 2 ekor kambing.
  6. Pucuk daun durian 5 lembar, daun buni 5 lembar, daun dadap serep 5 lembar, terasi, dan garam dapur secukupnya kemudian bahan ini dihaluskan. Tambahkan sedikit air dan airnya diperas. Air perasan ini diberikan pada 2 ekor kambing.
Baca Juga:  Yuk, Ketahui 5 Tanda Utama Itik akan Bertelur