Ramuan Herbal Mencegah Rambut Rontok

Pertanianku — Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh wanita atau mereka yang memiliki rambut panjang adalah rambut rontok. Penyebab rambut rontok sangat beragam, mulai dari kondisi lingkungan, pola makan, hingga stres berlebih yang sedang dialami. Banyak cara untuk mencegah rambut rontok. Salah satunya menggunakan beberapa ramuan herbal yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

mencegah ra,but rontok
foto: pixabay

Penggunaan ramuan herbal memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh obat mencegah rambut rontok lainnya, yaitu aman untuk digunakan karena menggunakan bahan alami. Berikut ini beberapa ramuan herbal yang bisa Anda buat untuk mencegah rambut rontok.

Air teh kental

Loading...

Bahan yang dibutuhkan adalah air teh kental 1 mangkuk yang diembunkan di luar rumah pada malam hari hingga pagi hari. Air teh kental tersebut digosokkan pada kulit kepala 1 kali sehari pada malam hari, lalu bungkus kepala dengan handuk agar ramuan teh kental tersebut meresap ke kulit kepala.

Kelapa hijau

Bahan yang dibutuhkan adalah kelapa hijau muda 1 buah dan garam sebesar biji asam. Ramuan dibuat dengan cara melubangkan buah kelapa hijau sebesar paku, lalu berikan garam. Pada pukul 10 malam, embunkan ramuan tersebut di luar rumah. Air kelapa yang sudah diembunkan bisa dioleskan ke kulit kepala sambal dipijat-pijat pada sore hari setelah mandi.

Kulit buah lerak

Gunakan 12 kulit buah lerak yang direndam dalam mangkuk yang berisi air panas sebanyak ½ mangkuk. Setelah dingin dan berbusa banyak, oleskan air lerak tersebut pada kulit kepala sembari dipijat-pijat agar meresap ke kulit. Treatment ini bisa dilakukan pada sore hari setelah mandi.

Daun anyang-anyang

Anda bisa menggunakan daun anyang-anyang secukupnya, lalu ditumbuk dan diperas hingga getah daun keluar. Getah tersebut bisa Anda oleskan pada bagian rambut yang rontok.

Baca Juga:  Hand Sanitizer dan Obat Kumur Daun Sirih

Daun kacang panjang

Gunakan daun kacang panjang yang masih muda sebanyak1 genggam dan minyak kastor sebanyak 2 sendok makan. Cuci daun kacang panjang dan giling halus. Remas daun bersama dengan minyak kastor. Gosokkan ramuan tersebut ke kulit kepala sembari diurut-urut dan bungkus dengan handuk.

 

 

 

Loading...
Loading...