Ramuan Herbal Mengatasi Kambing yang Cacingan

PertaniankuKambing yang cacingan merupakan kondisi genting yang harus ditangani karena parasit cacing akan terus menggerogoti tubuh kambing. Serangan cacing yang terjadi pada anak kambing berumur 3–4 bulan dapat menyebabkan kematian. Itu sebabnya Anda tidak boleh membiarkan kambing terinfeksi cacing.

kambing yang cacingan
foto; Trubus

Serangan cacing bisa disebabkan oleh kebiasaan ternak yang makan rumput di padang gembala yang sudah terinfeksi Helminthiasis. Selain itu, umur kambing juga berpengaruh. Ternak muda tergolong lebih rentan terserang cacing dibanding ternak tua.

Kambing yang cacingan biasanya menunjukkan gejala, antara lain semakin kurus sehingga bobot badan tidak sesuai umur, bulu agak berdiri dan kusam, sembelit atau kotoran yang dikeluarkan lembek hingga mencret sehingga membuat kandang cepat kotor, ternak terlihat lesu dan pucat, nafsu makan berkurang, rahang membengkak, serta yang paling mengerikan kambing bisa mengalami mati mendadak.

Apabila kambing ternak Anda sudah menunjukkan gejala-gejala tadi, kambing harus segera ditangani dengan obat tradisional ataupun obat pabrikan. Umumnya, obat tradisional terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang mudah ditemukan di sekitar kandang.

Salah satu ramuan herbal yang dapat Anda buat adalah ramuan daun kelor. Anda perlu menyiapkan 4–5 tangkai daun kelor tua, kemudian bakar daun tersebut hingga menjadi abu. Selanjutnya, campurkan abu ke dalam segelas air, kemudian aduk. Air tersebut perlu disaring terlebih dahulu sebelum diberikan pada kambing. Ramuan ini dapat diberikan sebanyak sepekan sekali selama 2 minggu berturut-turut.

Ramuan herbal berikutnya yang dapat Anda buat adalah ramuan biji labu kuning. Ramuan ini dapat diberikan saat kambing sudah menunjukkan gejala tidak nafsu makan dan tubuhnya menjadi kurus.

Ramuan biji labu kuning dapat dibuat dengan cara menghaluskan 50 gram biji labu kuning mentah, kemudian berikan kepada kambing sebanyak dua kali sehari. Pemberian dilakukan ketika kondisi perut kambing sedang kosong. Pemberian ramuan dapat diulangi hingga sepekan. Biji labu kuning bersifat anthelmentik alias sebagai obat cacing.

Baca Juga:  Cara Menjaga Kesehatan Sapi

Untuk mencegah kambing cacingan, Anda dapat mengandalkan buah pinang atau air tembakau yang diberikan setiap sebulan sekali sebanyak 1 sendok makan. Selain itu, hindari penyabitan rumput pada pagi hari dan gembalakan kambing saat siang hari untuk menghindari telur cacing yang masih menempel di rumput.