Ramuan Herbal Penyubur Rambut

Pertanianku — Rambut yang sehat akan terlihat tumbuh dengan baik dan subur. Ada banyak cara untuk meningkatkan kesuburan rambut, seperti menjaga pola makan yang sehat, memenuhi asupan gizi (vitamin D, zinc, dan asam lemak omega-3), menghindari produk yang dapat menyebabkan rambut menipis, dan menggunakan ramuan herbal penyubur rambut.

penyubur rambut
foto: Pertanianku

Pada dasarnya ramuan herbal terbuat dari tanaman. Oleh karena itu, ramuan herbal minim efek samping yang berbahaya. Berikut ini beberapa jenis ramuan herbal yang dapat digunakan sebagai penyubur rambut.

Kulit buah semangka

Kulit buah semangka yang sering dibuang sebenarnya bisa Anda manfaatkan sebagai penyubur rambut. Caranya cukup mudah, cuci bersih kulit semangka, lalu kerok daging kulit buah semangka yang berwarna putih. Setelah itu, gosokkan ke kulit kepala secara merata dan diamkan selama semalam. Keesokan harinya, cuci rambut hingga bersih dan lakukan perawatan ini sebanyak satu kali dalam seminggu.

Buah mengkudu

Bahan-bahan:

  • Buah mengkudu masak 2 buah
  • Madu 1 sendok makan

Cara membuat:

  • Parut buah mengkudu masak, lalu peras dan saring dengan sepotong kain.
  • Tambahkan madu pada air perasan tersebut, lalu aduk hingga rata.

Ramuan buah mengkudu dapat diminum sebanyak dua hari sekali.

Daun lidah mertua

Siapkan daun lidah mertua segar sebanyak dua batang, kemudian cuci hingga bersih dan potong-potong seperlunya. Giling daun hingga halus, kemudian tambahkan sedikit air dan aduk hingga rata. Peras ramuan dengan sepotong kain.

Air perasan tersebut dapat digunakan untuk membasahi rambut dan kulit kepala. Rambut yang sudah basah ditutup dengan sepotong kain dan diamkan seharian. Perawatan ini dapat Anda lakukan setelah mandi sore.

Buah asam

Gunakan buah asam yang sudah tua secukupnya, kemudian campur dengan sedikit air. Setelah itu, aduk hingga rata dan ramuan sudah siap digunakan. Ramuan dapat digunakan untuk memijat kulit kepala. Setelah kering, bilas rambut dengan sampo.

Baca Juga:  Menelisik Khasiat Jamur Maitake

Babandotan

Gunakan daun dan batang babandotan segar secukupnya, kemudian cuci hingga bersih. Tumbuk halus tanaman, ramuan pun sudah siap digunakan.

Ramuan bandotan dapat digunakan dengan cara dilumuri ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut. Setelah itu, tutup kepala dengan kain dan biarkan selama 2—3 jam. Bilas kepala dengan air hangat dan keramas hingga bersih. Lakukan perawatan sebanyak 1—2 minggu sekali untuk hasil yang maksimal.