Ramuan Herbal untuk Ambeien

Pertanianku Ambeien atau wasir merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh pembuluh balik di sekitar otot anus melebar dan membesar. Kondisi tersebut disebabkan oleh banyak faktor, mlai dari gangguan aliran darah, perubahan hormon pada ibu hamil, konsumsi makanan rendah serat, dan faktor genetis. Penyakit ini dapat diatasi oleh ramuan herbal yang terbuat dari berbagai tumbuhan.

ambeien
foto: Pertanianku

Bahan yang digunakan untuk membuat ramual herbal tersebut memang cukup banyak, mencapai sembilan macam tumbuhan. Bahan-bahan tersebut di antaranya teh hijau, babadotan, daun ungu, jambu biji, jati belanda, kencur, lengkuas, pulosari, dan sidaguri.

Tanaman yang berperan penting di dalam ramuan herbal untuk mengatasi permasalahan ambeien adalah daun ungu dan babadotan. Sementara itu, rimpang kencur berkhasiat utnuk memperbaiki kinerja usus. Adapun lengkuas, pulosari, dan jati belanda berkhasiat untuk lambung.

Daun sidaguri yang digunakan pada ramuan herbal tersebut berperan untuk mengatasi asam urat sekaligus memperkecil ambeien. Terakhir, bahan teh hijau dan daun jambu biji berkhasiat untuk menekan kadar kolesterol.

Ramuan untuk ambeien ini dapat diminum tiga kali sehari sebelum makan. Untuk mempercepat proses penyembuhan, sebaiknya hindari konsumsi daging hewan, buah nangka dan mengurangi konsumsi tempe, daun singkong, kangkung, serta bayam.

Resep herbal untuk ambeien yang dikutip dari buku Herbal Ahli Atasi Penyakit sebagai berikut.

  • Daun babadotan 20 gram
  • Daun ungu 25 gram
  • Daun jambu biji 10 gram
  • Daun jati belanda 15 gram
  • Rimpang kencur 15 gram
  • Rimpang lengkuas 10 gram
  • Duan pulosari 20 gram
  • Daun sidaguri 15 gram
  • Daun teh hijau 10 gram

Ada dua golongan ambeien berdasarkan tempat terjadinya, yakni ambeien dalam dan luar. Ambeien dalam terjadi ketika pembuluh darah balik di dinding rektum membengkak dan mengakibatkan rasa mengganjal pada dinding rektum saat dilalui feses. Selain itu, bagian yang membengkak tersebut akan terluka ketika bergesekan dengan feses.

Baca Juga:  Fakta Unik Tanaman Sukun

Dalam buku Herbal Ahli Atasi Penyakit juga membahas berbagai penyakit lainnya selain ambeien yang dilengkapi dengan resep ramuan herbal serta testimoni dari pasien yang sudah mencobanya. Untuk mendapatkannya sebagai referensi, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya. Agar lebih meyakinkan, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau herbalis.