Ramuan Herbal untuk Atasi Vertigo

PertaniankuVertigo menyebabkan pusing yang disertai rasa berputar, terkadang juga diiringi dengan mual dan muntah. Penderita yang mengalami vertigo berat bahkan terkadang tidak mampu untuk berdiri dan bisa terjatuh karena gangguan keseimbangan. Vertigo muncul karena adanya gangguan telinga tengah dan dalam atau gangguan penglihatan. Selain itu, penyakit ini juga disebabkan oleh pasokan oksigen yang kurang ke otak kecil.

vertigo
foto: Trubus

Penyakit vertigo dapat diatasi dengan menggunakan ramuan herbal seperti umbi bidara upas, daun daruju, daun greges otot, daun komprey, daun murbei, dan daun tempuyung. Tempuyung yang digunakan pada resep herbal kali ini berguna untuk mengeluarkan minyak di hati yang bengkak. Sementara itu, daruju mengatasi bengkak hati.

Bidara upas berfungsi mendinginkan daerah perut agar terasa lebih nyaman, sedangkan sambiloto berperan sebagai pembersih darah. Daun murbei berguna untuk memperkuat pankreas. Adapun daun komprey berkhasiat memperlancar urine.

Agar lebih aman, Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan herbalis atau dokter sebelum mengonsumsi ramuan herbal ini. Berdasarkan pengalaman, ramuan dapat diminum selama 30 hari untuk menghilangkan vertigo.

Ramuan dapat diminum dua kali sehari sebelum makan. Pengobatan berjalan lebih maksimal bila Anda menghindari daging merah, buah nangka, dan durian. Buah nangka dan durian diketahui dapat memengaruhi pembuluh darah.

Agar mudah dikonsumsi, Anda dapat membuatnya menjadi serbuk sehingga ketika akan dikonsumsi, ramuan hanya tinggal direbus. Serbuk yang sudah dibuat harus disimpan di dalam wadah higienis berlabel agar tidak tertukar saat ingin menggunakannya. Berikut ini resep ramuan herbal untuk mengatasi vertigo.

  • Umbi bidara upas 10 gram
  • Daun daruju 20 gram
  • Daun greges otot 25 gram
  • Daun komprey 15 gram
  • Daun murbei 20 gram
  • Daun tempuyung 20 gram
Baca Juga:  Daun Pepaya untuk Mengatasi Itik Tidak Nafsu Makan