Ramuan Herbal untuk Bisul di Ketiak

Pertanianku — Pernahkah Anda mengalami timbulnya bisul di ketiak, pasti rasanya sangat mengganggu. Bisul merupakan penyakit kulit yang timbul pada saat kebersihan tubuh tidak terjaga dengan baik. Bisul yang muncul di ketiak juga bisa akibat mencukur bulu di ketiak.

bisul di ketiak
foto: unsplash

Dilansir dari Alodokter.com, penyebab munculnya bisul di ketiak biasanya infeksi bakteri yang mengakibatkan peradakan pada bulu di ketiak. Peradangan tersebut bisa disebabkan oleh keringat berlebih, kebiasaan mencukur bulu ketiak, ketiak kotor, dan bisa jadi menjadi pertanda kondisi medis tertentu yang sedang Anda alami.

Sebenarnya bisul tersebut juga bisa muncul di beberapa area lipatan lainnya seperti leher, selangkangan, dan bokong. Bisul di ketiak akan muncul dengan tanda-tanda adanya benjolan meradang dan disertai dengan rasa nyeri serta gatal. Lama-kelamaan benjolan tersebut terlihat mengandung nanah dan sewaktu-waktu bisa pecah mengeluarkan nanah.

Loading...

Ketika bisul sudah muncul di ketiak, jangan dipecahkan karena bisa menyebabkan bakteri masuk ke kulit. Bersihkan secara berkala dan kompres area bisul selama 20 menit untuk meredakan rasa sakit. Segera bersihkan bisul yang sudah pecah dan gunakan salep antibiotik.

Anda juga bisa membuat ramuan herbal untuk meredakan bisul di ketiak. Berikut ramuan yang bisa Anda buat.

Bahan-bahan:

  • Tanaman jarong segar 60 gram
  • Air 1 gelas
  • Arak 1 sloki (gelas)

Cara membuat ramuan ini adalah dengan mencampur seluruh bahan, lalu ditim dan dibiarkan hingga mendidih. Setelah itu, saring untuk memisahkan ampas dan air rebusan. Ampasnya bisa ditempelkan ke bagian yang sakit dan air rebusannya bisa Anda minum. Ramuan ini tidak bisa dikonsumsi oleh ibu hamil karena dibuat dari arak.

Jika bisul sudah besar dan tidak bisa diatasi oleh Anda sendiri, sebaiknya cepat dibawa ke dokter agar cepat ditangani. Kondisi bisul tersebut akan membuat Anda demam dan bisa muncul sewaktu-waktu.

Baca Juga:  Khasiat Asparagus, Pembersih Pembuluh Darah Arteri dari Kolesterol

 

 

Loading...
Loading...