Ramuan Herbal untuk Kurap

Pertanianku Kurap adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur yang mengakibatkan munculnya ruam berbentuk melingkar dan berwarna kemerahan. Kurap dapat muncul di beberapa bagian tubuh seperti wajah, kepala, atau area selangkangan.

kurap
foto: Pertanianku

Kurap ditandai dengan munculnya area dengan sisik berwarna kemerahan pada permukaan kulit. Ruam tersebut dapat meluas dengan bentuk melingkar. Gejala yang muncul sebenarnya bisa berbeda-beda, bergantung pada lokasinya. Kurap yang muncul di bagian kaki biasanya disertakan dengan aroma yang tidak sedap.

Penyakit kulit ini dapat diatasi dengan menggunakan obat antijamur untuk menghambat pertumbuhan sel jamur. Anda juga bisa memakai ramuan herbal yang terbuat dari berbagai tumbuhan. Berikut ini beberapa resep ramuan herbal untuk mengatasi kurap.

Daun jambu mede

Bahan-bahan:

  • Daun jambu mede 1 genggam
  • Daun ketepeng kebo ¾ genggam
  • Akar terobak 5 jari
  • Air 10 liter

Cara membuat:

Cuci semua bahan dan potong-potong. Setelah itu, rebus selama 15 menit. Air rebusan tersebut dapat digunakan untuk mandi setelah suhunya jadi hangat atau suam-suam kuku.

Lengkuas

Siapkan lengkuas berukuran 1 jari, lalu cuci dan potong-potong lengkuas. Setelah itu, gosokkan ramuan pada kulit yang terserang kurap setiap 1–2 kali sehari.

Kunyit

Siapkan 20–30 gram kunyit dan 1 butir kuning telur. Parut rimpang kunyit, peras, dan tambahkan kuning telur. Ramuan dapat diminum satu kali sehari atau digosokkan pada bilik, lalu diulaskan pada bagian yang kurap sebanyak 2–3 kali sehari.

Daun kelor

Siapkan daun kelor dan kapur sirih secukupnya. Tumbuk daun kelor bersama kapur sirih. Oleskan ramuan pada bagian kulit yang terkena kurap.

Daun ketepeng cina

Siapkan 1 genggam daun ketepeng cina segar dan tawas atau kapur sirih sebanyak 1 sendok makan. Lumatkan daun yang ditambahkan sedikit tawas atau kapur sirih. Setelah itu, gosokkan ramuan pada bagian yang sakit sebanyak 2 kali sehari.

Baca Juga:  Atasi Asam Urat dengan Buah Adas