Ramuan Herbal untuk Melegakan Tenggorokan Berlendir

Pertanianku Tenggorokan berlendir bisa menimbulkan rasa tidak nyaman meskipun sebenarnya kondisi ini tidak berbahaya. Kondisi tenggorokan berlendir disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari alergi, infeksi, kehamilan, flu, perubahan cuaca, mengonsumsi makanan tertentu, terpapar asap atau uap dari bahan kimia, hingga efek samping penggunaan obat-obatan tertentu.

tenggorokan berlendir
foto: Pixabay

Pertolongan pertama untuk tenggorokan berlendir adalah memperbanyak minum air putih, mandi dengan air hangat, dan konsumsi sup hangat bergizi. Kondisi tenggorokan berlendir juga dapat diatasi dengan menjaga kelembapan serta kebersihan lingkungan rumah. Pasalnya, udara yang kering dapat memicu lendir di tenggorokan.

Selain itu, Anda juga bisa mengandalkan ramuan herbal yang diracik sendiri. Berikut ini beberapa resep ramuan herbal untuk mengatasi tenggorokan berlendir.

Jeruk nipis

Siapkan 2 buah jeruk nipis dan sedikit garam. Cara meramunya, belah jeruk nipis menjadi dua, lalu peras airnya dan tampung ke dalam gelas. Selanjutnya, tambahkan garam dan aduk hingga rata. Ramuan dapat diminum sekaligus dan bisa dikonsumsi ketika perut sedang kosong.

Pegagan

Siapkan pegagan segar sebanyak 30–60 gram. Cara meramunya, rebus daun pegagan dengan 3 gelas air di dalam panci, lalu biarkan hingga air rebusannya tersisa separuhnya. Setelah itu, angkat, dinginkan, dan saring. Ramuan dapat diminum 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Daun kecubung

Siapkan daun kecubung muda 3 lembar, gula aren secukupnya, dan air asam secukupnya. Cara meramunya, cuci bersih daun kecubung muda, lalu rebus di dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan ramuan dan saring air rebusannya. Selanjutnya, buat larutan gula asam dengan cara mencampurkan gula aren ke dalam air asam. Rebus air hingga mendidih.

Ramuan daun kecubung dapat diminum sekaligus, dilanjutkan dengan meminum larutan gula asam.

Baca Juga:  Buah yang Berfungsi Jadi Obat Kolesterol