Ramuan Herbal untuk Memperbaiki Kualitas Sperma

Pertanianku— Keberhasilan program hamil perlu didukung dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Untuk meningkatkan kualitas sperma pria dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi zinc dan vitamin. Selain itu, kualitas sperma juga bisa ditingkatkan dengan ramuan herbal yang dapat menjadi alternatif. Berikut ini beberapa resep ramuan herbal untuk memperbaiki kualitas sperma.

kualitas sperma
foto: pertanianku

Ramuan kuning telur bebek

Anda dapat menggunakan 1 butir kuning telur bebek, 5 butir kemiri yang disangrai, dan 2 sendok makan madu murni. Pertama, gerus kemiri hingga halus, kemudian masukkan kemiri tersebut ke kocokan kuning telur. Selanjutnya, tambahkan madu. Ramuan dapat diminum setiap hari selama dua minggu.

Ramuan jahe merah

Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah 1 gram jahe merah, 1 gram cabai jawa, 1 gram lada, 3 gram adas, 2 sendok makan madu murni, dan 3–4 gelas air. Pertama, cuci bersih semua bahan, kemudian masukkan ke kuali. Rebus bahan hingga airnya tersisa 2 gelas. Selanjutnya, biarkan suhu air rebusan dingin agar bisa dikonsumsi.

Ramuan dapat diminum 2 kali sehari, masing-masing sebanyak 1 gelas pada pagi hari saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Ramuan lengkuas merah

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 2 gram lengkuas merah, 1 gram lada, 2 gram purwoceng, 3 gram daun jinten, 2 sendok makan madu murni, dan 3–4 gelas air. Cara membuat ramuan lengkuas merah sama seperti pembuatan ramuan jahe merah. Begitu pun dengan aturan pakainya.

Ramuan bidara upas

Siapkan 2 gram bidara upas, 3 gram jahe merah, 2 gram kunyit, 3 gram temu mangga, dan 3–4 gelas air. Cara pembuatan dan aturan pakai ramuan bidara upas juga sama seperti ramuan jahe merah.

Ramuan purwoceng

Siapkan 2 gram purwoceng, 2 gram jahe merah, 3 gram adas, 2 gram lengkuas merah, 3 gram daun jintan, 2 gram daun sendok, 1 gram lada, dan 3–4 gelas air. Cara pembuatan dan aturan pakai ramuan purwoceng juga sama seperti ramuan jahe merah.

Baca Juga:  Daun Pepaya untuk Mengatasi Itik Tidak Nafsu Makan