Ramuan Herbal untuk Memperbanyak ASI

Pertanianku — ASI atau air susu ibu masih menjadi kendala bagi sebagian ibu karena volume ASI yang keluar sedikit, sedangkan bayi hanya bisa mendapatkan nutrisi dari ASI. Hal tersebut terkadang membuat ibu menjadi kepikiran sehingga memengaruhi kondisi kesehatannya. Volume ASI yang kecil masih bisa diatasi dengan melakukan beberapa treatment untuk memperbanyak ASI, salah satunya dengan ramuan herbal.

memperbanyak ASI
foto: pertanianku

Cara lain yang biasanya disarankan adalah memberikan ASI terus-menerus, istirahat yang cukup, jangan stres karena bisa memengaruhi kesehatan, dan mengonsumsi makanan sehat yang kaya serat, protein, karbohidrat kompleks, dan susu. Anda bisa melakukan seluruh rekomendasi tersebut sembari mengonsumsi ramuan herbal yang aman untuk dikonsumsi bagi Anda sendiri. Berikut ini beberapa ramuan herbal yang bisa dibuat untuk memperbanyak ASI.

Ramuan 1

Loading...

Bahan-bahan:

  • Akar jombang segar 30 gram
  • Air 2 gelas

Cara membuat:

  • Cuci bersih akar jombang dan potong-potong
  • Rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit
  • Setelah dingin, peras akar dan saring air perasan akar tersebut

Ramuan ini bisa diminum sebanyak 2 kali sehari dengan dosis yang sama pada pagi dan sore hari.

Ramuan 2

Anda bisa menggunakan daun jintan secukupnya untuk memperbanyak ASI. Daun jintan bisa dimakan seluruhnya. Namun, jika Anda tidak begitu menyukai rasanya, daun jintan bisa dicampurkan ke dalam sop agar terasa lebih lezat dan rasanya masih bisa diterima oleh lidah.

Ramuan 3

Jika Anda memiliki tanaman bayam duri di sekitar rumah, Anda bisa menggunakan bayam duri tersebut. Gunakan1 batang daun bayam duri dan cuci hingga bersih. Giling daun bayam hingga halus dan tempelkan di bagian payudara sebagai tapel.

Ramuan 4

Daun kemangi yang sering Anda jumpai sebagai lalapan bisa juga digunakan untuk memperbanyak ASI. Gunakan daun kemangi segar atau kering secukupnya. Rebus daun kemangi yang sudah dibersihkan dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Diamkan air rebusan hingga dingin. Minum air rebusan sebanyak 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Baca Juga:  Obat Diare dari Daun Salam
Loading...
Loading...