Ramuan Herbal untuk Mengatasi Jerawat yang Mudah Dibuat

Pertanianku Jerawat menjadi salah satu permasalahan yang kerap mengurangi kepercayaan diri seseorang. Sebetulnya, jerawat bisa menyerang siapa saja dan bisa disebabkan oleh beragam faktor.

jerawat
foto: pertanianku

Jerawat umumnya terjadi karena adanya perubahan hormon pada masa pubertas remaja, adanya infeksi bakteri penyebab jerawat, atau akibat penyumbatan pori-pori kulit wajah sehingga minyak yang rutin disekresi terjebak di dalam pori-pori. Minyak yang tersumbat pada pori-pori tersebut akan menggumpal di bawah kulit.

Pada dasarnya jerawat bisa hilang sendiri seiring berjalannya waktu. Namun, terkadang ada beberapa orang yang mengalami perburukan pada jerawatnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Setelah itu, jaga kebersihan wajah dengan tidak menyentuh wajah ketika tangan sedang kotor.

Jerawat juga bisa diatasi dengan ramuan-ramuan herbal yang sangat mudah dibuat sendiri. Hal ini karena bahan-bahan yang digunakan cukup mudah ditemukan. Berikut ini deretan ramuan herbal untuk jerawat yang dapat Anda buat sendiri.

Daun sirih

Gunakan 7—10 lembar daun sirih segar. Cuci daun sirih dan tumbuk hingga halus. Selanjutnya, seduh dengan dua gelas air panas, kemudian tutup dan biarkan hingga dingin. Setelah itu, saring dan kumpulkan airnya. Air daun sirih tersebut digunakan untuk membasuh muka yang sedang berjerawat. Lakukan perawatan sebanyak 2—3 kali sehari.

Jeruk nipis

Gunakan jeruk nipis masak secukupnya. Cuci jeruk tersebut, kemudian potong menjadi beberapa bagian. Gosokkan potongan jeruk nipis pada bagian wajah yang berjerawat. Lakukan perawatan ini sebanyak 2—3 kali sehari.

Buah tomat

Gunakan buah tomat secukupnya dan alkohol 70 persen sebanyak 25 ml. Cuci bersih tomat, kemudian hancurkan tomat dengan 100 ml air dengan blender. Tambahkan alkohol 70 persen, lalu aduk hingga rata. Gunakan ramuan untuk menggosok wajah yang berjerawat. Lakukan sebanyak 2—3 kali sehari. Ramuan ini kurang aman bagi Anda yang sensitif dengan alkohol.

Baca Juga:  Kiat Menanam Terung Secara Organik

Buah kembang pukul empat

Gunakan buah kembang pukul empat secukupnya. Cuci bersih buah, kemudian pecahkan kulit luar buah. Kumpulkan isi buah yang berwarna putih menyerupai tepung. Giling bagian tersebut hingga halus. Tambahkan air secukupnya dan aduk hingga menyerupai bedak cair. Oleskan ramuan pada bagian muka yang sedang berjerawat.