Ramuan Herbal untuk Mengatasi Jerawat

Pertanianku Jerawat merupakan kelainan yang terjadi pada permukaan kulit, terutama kulit wajah, dada, bagian atas, dan punggung. Permasalahan jerawat sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya, yang terpenting Anda rajin menjaga kebersihan area jerawat. Namun, Anda dapat memanfaatkan ramuan herbal untuk jerawat agar kelainan pada permukaan kulit tersebut sembuh lebih cepat.

jerawat
foto: Pertanianku

Hormon akan merangsang kelenjar minyak kulit yang akan membesar dan memproduksi lebih banyak minyak. Minyak tersebut kemudian akan dialirkan ke folikel rambut dan dikeluarkan ke permukaan kulit. Terkadang, pori-pori tempat keluarnya minyak itu tersumbat sehingga menyebabkan penumpukan minyak di bawah sumbatan. Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan kulit rentan terinfeksi kuman yang disebut dengan jerawat.

Tanaman-tanaman yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit ini antara lain 10 gram daun binahong, 15 gram batang brotowali, 10 gram rimpang kencur, 10 gram daun pulosari, dan 20 gram rimpang temu putih.

Rimpang temu putih yang digunakan dalam ramuan ini berguna untuk menjaga keseimbangan hormonal sehingga produksi minyak kembali normal. Sementara itu, rimpang kencur berkhasiat mengatasi permasalahan pada pencernaan dan membersihkan usus. Begitu pun dengan daun pulosari berkhasiat untuk menjaga kesehatan usus dan limpa.

Daun binahong berkhasiat untuk menghilangkan flek bekas jerawat. Mengingat permasalahan jerawat tidak hanya sebatas saat kulit terinfeksi, tetapi ketika infeksi jerawat tersebut sudah sembuh dan menimbulkan luka flek hitam yang dapat mengganggu penampilan.

Sementara itu, batang brotowali berguna untuk menghaluskan kulit. Dengan begitu, kulit Anda akan terbebas dari jerawat, bekas jerawat, lebih halus, dan terasa lebih segar.

Ramuan ini dapat dikonsumsi dua kali sehari sebelum makan. Ramuan dapat bekerja dengan optimal apabila diiringi dengan pola hidup sehat seperti menjaga pola makan. Selama pengobatan, sebaiknya hindari makanan pedas, berlemak, kacang-kacangan, daging sapi, dan makanan bersantan kental. Jangan lupa untuk  rutin berolahraga dan memiliki waktu tidur yang cukup.

Baca Juga:  Ramuan Herbal untuk Wasir

Perpaduan antara ramuan herbal untuk jerawat dan pola makan yang sehat dapat membuat wajah Anda menjadi lebih bersih.