Ramuan herbal untuk Mengatasi Karang Gigi

Pertanianku Karang gigi merupakan lapisan seperti kotoran yang terletak di gigi dan sulit dihilangkan meski sudah disikat. Karang disebabkan oleh adanya plak yang mengeras dan dibiarkan begitu saja. Plak sendiri adalah lapisan licin dan tipis pada gigi yang terbentuk karena sisa makanan yang tertinggal.

karang gigi
foto: pixabay

Karang gigi sudah menjadi permasalahan yang wajar dialami. Plak yang mengeras ini tidak menimbulkan gejala serius yang mengganggu kesehatan atau fungsi gigi. Namun, karang gigi yang tidak ditangani secepatnya dapat memicu penyakit seperti gingivitis, gigi berlubang, gigi tanggal, atau radang gusi.

Umumnya, karang gigi bisa diatasi dengan scalling gigi yang termasuk tindakan medis nonbedah. Tindakan medis ini akan mengikis karang-karang yang melekat pada gigi.

Permasalahan ini sebetulnya juga bisa diatasi dengan menggunakan ramuan herbal bila kondisinya belum begitu parah. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan ramuan herbal, Anda harus menggunakan ramuan sesuai anjuran dengan dosis yang tidak berlebihan. Berikut ini resep ramuan herbal yang dapat membantu permasalahan karang gigi.

Biji asam

Gunakan biji asam secukupnya, kemudian sangrai dan tumbuk hingga halus. Setelah menjadi serbuk, biji asam sudah siap digunakan. Caranya, gosokkan ramuan ke gigi yang berkarang dengan menggunakan kain atau sikat gigi.

Daun teh

Gunakan daun teh secukupnya, kemudian seduh dengan air panas di dalam cangkir atau gelas. Selanjutnya, gunakan air seduhan teh yang masih hangat untuk berkumur-kumur. Perawatan ini bisa Anda lakukan setelah makan.

Anda bisa mencegah timbulnya karang dengan rutin sikat gigi setidaknya dua kali sehari, bersihkan gigi dengan benang minimal satu kali sehari, menggunakan pembersih mulut, memakan makanan gizi yang seimbang, dan rutin melakukan perawatan gigi setiap enam bulan sekali.

Baca Juga:  Jus Buah Pencegah Hipertensi