Ramuan Herbal untuk Mengatasi Mata Merah

Pertanianku Mata merah bisa disebabkan oleh masuknya debu atau partikel asing ke mata, infeksi, alergi, cedera, paparan sinar matahari, atau kondisi mata yang kering. Selain itu, mata merah juga disebabkan oleh konjungtivitis, mata kering, mata kelelahan, dan cedera. Ketika sedang merah, mata tidak boleh dipegang dengan tangan kotor dan Anda harus menghentikan kebiasaan menggaruk mata.

mata merah
foto: pertanianku

Anda harus mengurangi aktivitas yang dapat membuat mata lelah dan jauhi bahan atau partikel yang dapat mengiritasi mata. Hindari pemakaian lensa kontak terlalu lama lebih dari yang disarankan. Bila perlu, gunakan kacamata khusus, apalagi jika sering beraktivitas di luar rumah. Berikut ini ramuan herbal untuk mengatasi mata merah yang dapat dijadikan alternatif pengobatan.

Daun sirih

Siapkan daun sirih muda segar sebanyak 5–6 lembar, kemudian cuci bersih dan rebus daun dengan 1 gelas air hingga mendidih di dalam panci tertutup. Setelah itu, angkat dan dinginkan. Setelah suhu air rebusan turun, Anda bisa menggunakan air rebusan tersebut untuk mencuci mata dengan gelas cuci mata. Lakukan perawatan sebanyak 3–4 kali sehari hingga sembuh.

Bunga tahi kotok

Siapkan bunga tahi kotok segar sebanyak 1 kuntum. Cuci bersih bunga tahi kotok, lalu rebus dengan air secukupnya. Selanjutnya, angkat dan biarkan hingga dingin. Gunakan air rebusan bunga untuk mencuci mata yang sedang sakit dengan gelas khusus.

Daun pegagan

Siapkan daun pegagan segar secukupnya, kemudian cuci hingga bersih dan bilas dengan air masak. Giling daun hingga halus, lalu saring airnya. Teteskan ramuan ini pada mata yang sedang sakit sebanyak 3–4 kali sehari, satu kali pemakaian membutuhkan 2 tetes ramuan.

Bunga kacapiring

Siapkan bunga kacapiring 9 gram, bunga krisan 9 gram, dan akar manis 3 gram. Cuci bersih semua bahan dan potong-potong, lalu rebus dengan 3 gelas air. Biarkan hingga air rebus tersisa 1 gelas, lalu angkat, dinginkan, dan saring. Ramuan dapat diminum dua kali sehari, masing-masing sebanyak ½ gelas.

Baca Juga:  Ramuan Jamu untuk Mengatasi Muntah Darah