Ramuan Herbal untuk Mengatasi Radang Gusi

Pertanianku Radang gusi kerap disebabkan oleh adanya penumpukan plak yang terbentuk dari kumpulan bakteri dan sisa makanan pada permukaan gigi. Gejala radang gusi di antaranya terjadi perubahan warna gusi menjadi merah, gusi membengkak, adanya bau tidak sedap pada mulut, dan gusi mudah mengalami pendarahan.

radang gusi
Foto: Pixabay

Pencegahan radang gusi bisa dilakukan dengan rutin menggosok gigi dua kali sehari, menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa kotoran, rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan kalsium, menggunakan obat kumur untuk membunuh bakteri, serta memperbanyak minum air putih.

Radang dapat diatasi dengan menggunakan sikat gigi yang lembut dan mengganti sikat gigi setiap 12–16 minggu sekali, membersihkan sela gigi dengan tusuk gigi secara hati-hati, menggunakan obat kumur antibakteri, menyikat gigi dua kali sehari, dan menggunakan ramuan herbal.

Radang bisa diatasi dengan ramuan herbal, asalkan digunakan sesuai dengan anjuran dan bahan-bahan yang digunakan sudah dicuci hingga bersih. Berikut ini beberapa resep ramuan herbal yang bisa diandalkan ketika radang gusi.

Kulit kayu andong

Kikis kulit kayu andong secukupnya yang sudah dicuci, kemudian tambahkan sedikit garam. Aduk hingga rata. Ramuan sudah bisa digunakan sebagai obat oles. Oleskan ramuan pada gusi yang sedang meradang hingga rasa sakitnya menghilang.

Biji jambu mede

Gunakan 5 biji jambu mede atau kacang mede dan ¼ sendok teh madu. Pertama-tama, gongseng kacang mede hingga menguning, kemudian giling hingga halus menjadi serbuk. Ambil 1 sendok teh serbuk kacang mede, lalu tambahkan madu. Aduk ramuan hingga rata. Ramuan dapat dibubuhkan pada bagian gusi yang sedang meradang.

Daun picisan

Gunakan daun picisan secukupnya. Anda hanya perlu mencuci daun tersebut hingga bersih, kemudian kunyah daun. Biarkan daun menetap agak lama di bagian gusi yang meradang. Setelah itu, buang ampasnya. Lakukan perawatan ini 3–4 kali sehari hingga radang sembuh.

Baca Juga:  Atasi Asam Urat dengan Buah Adas