Ramuan Herbal untuk Mengatasi Susah tidur

Pertanianku — Manusia membutuhkan tidur yang cukup untuk menyeimbangkan kondisi tubuh agar tidak mudah terserang penyakit dan tetap produktif. Namun, ada kalanya susah tidur menyerang saat kondisi tubuh sedang tidak baik. Permasalahan susah tidur bisa diatasi dengan ramuan herbal. Ramuan herbal berfungsi sebagai alternatif yang sebaiknya dicoba sesuai dengan aturan pakai. Selain itu, agar lebih aman, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan herbalis sebelum mengonsumsinya.

susah tidur
foto: Pixabay

Berikut ini beberapa ramuan herbal yang dapat mengatasi permasalahan susah tidur.

Buah pala

Siapkan 1 buah pala, air panas satu gelas, dan madu 1 sendok makan. Cuci buah pala, lalu tumbuk hingga halus. Seduh buah pala dengan air panas dan biarkan hingga suhunya suam-suam kuku. Setelah itu, tambahkan madu, lalu minum ramuan. Ramuan ini dapat diminum 1–2 kali dalam sehari, masing-masing sebanyak 1 gelas.

Daun kangkung

Anda perlu mempersiapkan ½ genggam daun kangkung, ¼ genggam daun kaki kuda, ½ sendok teh jintan, 2 jari asam trengguli, 3 jari gula aren, dan 3 gelas air bersih. Pertama, cuci semua bahan dan potong-potong secukupnya. Selanjutnya, rebus dan biarkan hingga airnya tersisa 3/4. Setelah suhunya dingin, saring air rebusan. Air rebusan daun kangkung dapat diminum 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Selain itu, Anda juga bisa membuat ramuan dari 1 genggam batang dan daun kangkung. Tumis seluruh bahan, lalu makan kangkung dua kali sehari secukupnya.

Daun asam jawa

Siapkan daun asam jawa secukupnya, kemudian keringkan. Masukkan daun asam jawa yang sudah kering ke bantal. Gunakan bantal tersebut saat ingin tidur.

Akar bunga pagoda

Siapkan akar bunga pagoda 30–90 gram dan jahe 15 gram. Pertama, keringkan bunga atau akar pagoda, lalu tumbuk hingga menjadi bubuk. Ambil sedikit bubuk, lalu campur dengan arak manis 1 sloki. Minum ramuan sebanyak dua kali sehari dengan dosis yang sama pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Baca Juga:  Atasi Asam Urat dengan Buah Adas