Ramuan Herbal untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ikan Lele

Pertanianku — Ikan lele dapat diberikan ramuan herbal untuk mengatasi beberapa penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga ikan bisa lebih kebal terhadap penyakit. Ramuan herbal ikan lele dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapat, seperti mengkudu, bawang putih, jahe, dan daun pepaya.

ramuan herbal ikan lele
foto: Pertanianku

Penggunaan ramuan herbal pada ikan lele bisa bekerja secara optimal apabila digunakan dengan benar sesuai dengan gejala penyakit yang sedang dialami. Berikut ini beberapa resep ramuan herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan lele.

Buah mengkudu

Buah mengkudu digunakan untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri Aeromonas hydrophila. Bakteri tersebut menyebabkan ikan mengalami pendarahan di bagian dada, perut, dan pangkal sirip. Jika dibiarkan begitu saja, penyakit ini membunuh ikan secara perlahan.

Untuk membuat ramuan herbal dari mengkudu, siapkan 1—2 buah mengkudu matang, 15 lembar daun pahitan, dan antibiotic enrofloxacin sebanyak 1/3 sendok teh. Tumbuk halus mengkudu dan rebus daun pahitan hingga mendidih, kemudian ambil airnya. Tambahkan enroflocaxin ke dalam ramuan dan campurkan ramuan tersebut ke dalam 3 kg pakan, lalu aduk hingga merata selama 3—5 menit. Pakan sudah siap diberikan pada ikan yang sakit.

Bawang putih

Bawang putih bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan ikan. Siapkan bawang putih satu bonggol, lalu tumbuk hingga halus. Ambil air hasil tumbukan dan percikkan air tersebut ke dalam kolam. Satu bonggol bawang bisa digunakan untuk kolam seluas 8m2.

Daun pepaya

Daun pepaya berguna untuk menambah stamina ikan lele pada musim hujan. Lele yang kehilangan stamina akan malas bergerak dan makan. Kondisi tersebut dapat menimbulkan gangguan pertumbuhan pada ikan.

Berikan 2—3 lembar daun pepaya sesaat setelah hujan turun. Daun tersebut bisa diaplikasikan untuk kolam seluas 1m2.

Baca Juga:  Sering Dibuang, Ternyata Kulit Pisang Masih Punya Manfaat

Jahe

Pada musim hujan, ikan lele rentan terserang penyakit kembung. Penyakit ini menyebabkan kematian pada bibit lele sebesar 80 persen. Untuk menghindari penyakit kembung, pembenih dapat menggunakan parutan jahe sebanyak 10 gram dan dicampur dengan air. Tebarkan larutan tersebut ke dalam kolam seluas 1—2m2. Cara ini dinilai cukup ampuh menekan angka kematian pada bibit ikan lele.