Ramuan Herbal untuk Pertolongan Pertama Saat Digigit Hewan Berbisa

Pertanianku — Tragedi digigit hewan berbisa dapat terjadi di mana saja, tetapi lebih sering ketika sedang melakukan kegiatan di luar rumah. Saat Anda mengalami kejadian ini, segera atasi bekas gigitan tersebut dengan berkunjung ke dokter. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ramuan herbal sebagai pertolongan pertama yang cukup mudah didapat. Berikut ini beberapa resep ramuan herbal yang dapat Anda gunakan ketika digigit hewan berbisa.

digigit hewan berbisa
foto: pertanianku

Kangkung

Bahan-bahan:

  • Kangkung segar 1 gengam
  • Garam 1–2 sendok teh

Cara membuat:

  • Cuci kangkung hingga bersih.
  • Campur kangkung dengan garam, lalu tumbuk hingga halus.

Gunakan ramuan sebagai obat oles di bagian bekas gigitan hewan berbisa, lalu balut ramuan agar tidak berantakan.

Daun murbei

Gunakan 20 gram daun murbei yang masih segar. Cuci daun hingga bersih, lalu giling hingga halus kemudian tambahkan ½ cangkir air masak, lalu sering dan peras. Kumpulkan air perasan tersebut ke dalam gelas. Minum ramuan daun murbei sekaligus.

Jambu mede

Anda bisa menggunakan buah jambu mede yang mengandung biji. Gongseng buah jambu hingga kulitnya menguning, lalu keluarkan bijinya. Jemur jambu mede hingga kering, lalu giling hingga halus. Bubuhkan ramuan ini pada luka bekas gigitan ular berbisa.

Daun andong

Siapkan daun andong secukupnya, kemudian giling hingga halus. Panaskan hasil gilingan di atas api kecil. Gunakan ramuan daun andong sebagai obat luar. Caranya cukup mudah. Oleskan ramuan selagi masih hangat ke bagian tubuh yang tersengat binatang berbisa. Selanjutnya, balut ramuan agar bisa tidak lepas. Ganti balutan tersebut sebanyak 2–3 kali sehari.

Umbi daun dewa

Siapkan umbi daun dewa secukupnya, cuci umbi dan tumbuk hingga halus. Ramuan ini dapat digunakan sebagai obat luar. Bubuhkan ramuan pada bagian tubuh yang tergigit binatang, lalu balut dengan perban.

Baca Juga:  Sayuran yang Cocok untuk Penderita Asam Urat

Ranting jakang

Cuci beberapa ranting jakang hingga bersih, lalu giling hingga halus. Ramuan siap digunakan sebagai obat luar. Caranya, bubuhkan ramuan pada luka gigitan dan sekitarnya, kemudian balut.