Ramuan Herbal yang Bisa Dibuat dari Tomat

Pertanianku — Tak hanya bisa dijadikan bahan masakan untuk menambah cita rasa gurih, tomat juga bisa diolah menjadi obat herbal karena mengandung asam malik, asam sitrat, adenine, trigonelline, choline, kalsium, fosfor, besi, klorin, karoten, histamin, kolin, tomatine, likopen, vitamin B1, B2, dan C. Tak hanya buahnya yang bisa dimanfaatkan, bagian daunnya pun bisa digunakan untuk obat.

tomat
fotoa; pixabay

Masih jarang orang yang menyadari ramuan herbal tomat ini. Padahal, ramuan herbal tomat ini dapat berperan sebagai antiseptik usus, antipiretik, penawar racun, penghilang rasa haus, melancarkan aliran empedu, pencahar ringan, dan merangsang keluarnya enzim di lambung.

Banyak bahan masakan yang sebenarnya bisa diolah untuk dijadikan obat herbal. Dalam buku Tumbuhan Obat dan Khasiatnya membahas berbagai macam tumbuhan obat dari yang berawal huruf A hingga Y, salah satunya adalah tomat.

Loading...

Berikut ini ramuan herbal yang bisa dibuat dari tomat.

Jerawat

Untuk menghilangkan jerawat yang mengganggu, cuci bersih buah tomat yang sudah masak berukuran sedang, dan jus hingga halus. Tambahkan 70 persen alkohol sebanyak 100 ml ke dalam jus. Setelah itu, aduk rata dan gunakan ramuan untuk menggosok muka yang berjerawat.

Demam

Cuci bersih buah yang sudah masak dan iris tipis-tipis. Tambahkan ½ cangkir air matang, lalu lumatkan hingga halus. Peras daging buah yang sudah lumat dan saring airnya. Sari tersebut dapat Anda minum sekaligus dan bisa juga ditambahkan 1 sendok makan madu. Namun, bagi penderita kencing manis tidak disarankan untuk menambahkan madu.

Radang usus buntu dan sakit kuning

Buatlah jus sayur buah ini secukupnya dan minum sebanyak 3 kali sehari, masing-masing sebanyak 1 gelas. Konsumsi dengan rutin jus tomat agar mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Tanaman Jahe yang Layu Akibat Bakteri

Lemas akibat gula darah rendah

Rasa lemas terkadang sering dialami oleh mereka yang mengalami gula darah rendah. Hal tersebut dapat menurunkan semangat untuk beraktivitas. Anda bisa mengatasi masalah rasa lemas dengan meminum jus tomat secara rutin untuk mengembalikan stamina.

Hipertensi

Cuci buah yang masih segar sebanyak 1 atau 2 buah dan makan sayur buah tersebut pada pagi hari saat perut masih kosong.

Kurap, borok kronis, dan kulit terbakar akibat matahari

Cuci bersih sayur buah yang masih segar atau gunakan bagian daunnnya secukupnya. Tumbuk bahan tersebut hingga halus dan oleskan ramuan pada bagian yang dirasa sakit.

Loading...
Loading...