Ramuan Jahe untuk Ayam Saat Udara Dingin

Pertanianku — Udara dingin juga dapat dirasakan oleh ayam ternak. Sebagian peternak yang tengah mengalami kondisi tersebut biasanya akan memberikan ramuan jahe. Peternak ayam berekspektasi bahwa ramuan tersebut dapat meningkatkan produksi. Sebenarnya, bisa tidak ya ramuan tersebut menaikkan produksi telur ayam di tengah udara dingin dengan ramuan jahe.

ramuan jahe
foto: pertanianku

Ramuan jahe memang baik jika digunakan untuk menghangatkan tubuh ayam agar tetap seimbang dan fit di tengah udara dingin. Selain ramuan jahe, saat udara dingin, ayam juga harus diberikan pakan yang cukup untuk mempertahankan suhu tubuhnya agar mampu bertahan hidup menyeimbangkan kondisi dingin.

Namun, untuk meningkatkan produksi telur di tengah udara dingin tidak bisa hanya mengandalkan ramuan tersebut. Satu hal yang bisa menaikkan produksi telur adalah kecukupan pakan yang diberikan. Selain cukup, pakan yang diberikan juga harus berkualitas dengan kandungan yang dapat mendorong produksi telur menjadi lebih optimal.

Loading...

Produksi telur atau daging ayam itu bergantung pada kecukupan pakan, bukan dari jahe atau obat-obatan yang digunakan. Udara dingin di sekitar kandang bisa menyebabkan tingkat kelembapan kandang meningkat tinggi sebesar 70—80 persen.

Kondisi kandang yang sangat lembap akan membuat ayam menjadi mudah stres. Sementara, kelembapan di atas 80 persen bisa menyebabkan naiknya penyakit pernapasan dan bahkan bisa mengakibatkan kematian pada ayam.

Kelembapan yang tinggi juga menaikkan konsentrasi amonia di udara sehingga ancaman infeksi dari bakteri E-coli yang berasal dari kotoran ayam semakin besar. Selain itu, ancaman penyakit juga berasal dari jamur-jamur yang berkembang biak dengan pesat pada kelempaban yang tinggi.  Oleh karena itu, Anda juga perlu menghangatkan kondisi kandang ayam, bukan hanya ayamnya.

Menghangatkan kandang ayam di tengah udara dingin dapat dilakukan dengan mengurangi penggunaan kipas pada tipe kandang closed house apalagi pada malam hari. Anda harus memerhatikan kondisi angin yang sedang terjadi. Selain itu, perhatikan selalu tingkat kelembapan kandang setiap hari agar bisa mengantisipasi tingkat kelembapan tinggi sedini mungkin.

Baca Juga:  Sapi Wagyu Mulai Dibudidayakan di Indonesia

Untuk menjaga kehangatan ayam, berikan air minum hangat, berikan tambahan pakan, dan berikan air gula atau elektrolit lain.

 

 

Loading...
Loading...