Ramuan Jamu untuk Mengatasi Muntah Darah

Pertanianku Muntah darah disebabkan oleh berbagai hal. Terkadang, muntah diakibatkan adanya darah yang tidak sengaja tertelan seperti darah dari mimisan atau cedera mulut. Namun, ada juga penyebab muntah darah karena sesuatu yang lebih serius sehingga memerlukan perhatian medis.

muntah darah
foto: Pertanianku

Apabila penyebab tidak diketahui, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ramuan jamu sebagai alternatif mengatasi muntah darah. Berikut ini beberapa resep jamu mengatasi muntah darah.

Bunga boroco

Siapkan bunga boroco segar sebanyak 30–60 gram dan daging sapi tanpa lemak secukupnya. Selanjutnya, rebus bunga dan daging yang sudah dicuci bersih dengan 3 gelas air hingga daging matang. Setelah itu, angkat dan dinginkan. Air rebusan dapat Anda konsumsi seperti kuah sup, sedangkan dagingnya dimakan.

Alang-alang

Siapkan akar alang-alang sebanyak 20–60 gram. Cuci akar tersebut hingga bersih, lalu potong-potong. Rebus akar alang-alang dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, lalu angkat dan biarkan hingga dingin. Minum air rebusan alang-alang sekaligus, lakukan sebanyak 2–3 kali sehari. Ramuan ini dilarang diminum oleh penderita lambung lemah dan banyak kencing.

Bunga sikas

 Siapkan bunga sikas sebanyak 1–3 kuntum dan gula batu secukupnya. Seduh bunga sikas dengan 1 cangkir air mendidih. Setelah itu, tambahkan gula batu, lalu panaskan dengan cara ditim. Selanjutnya, angkat dan dinginkan. Minum ramuan sekaligus sebanyak 2–3 kali sehari.Saat Anda menggunakan bunga sikas, hati-hati dengan bagian biji dan bonggol bagian atas karena beracun. Bunga sikas dapat menimbulkan gejala keracunan seperti pusing dan muntah-muntah. Anda harus menghentikan pemakaian dan lakukan perangsangan supaya penderita muntah.

Bunga waru landak kering

Siapkan 10–30 gram bunga waru landak kering, kemudian rebus dengan 3 gelas air. Rebus hingga airnya tersisa 1 gelas. Setelah itu, diamkan hingga suhu air rebusan menurun, lalu saring. Ramuan ini dapat diminum sekaligus.

Baca Juga:  Tumbuhan Penolong Luka Berdarah

Daun sambang darah

Siapkan 10 lembar daun sambang darah yang sudah dicuci, kemudian giling hingga halus. Setelah itu, rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 2 gelas. Saat suhu air sudah turun, saring dan bagi menjadi dua bagian. Minum ramuan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.