Ramuan yang Digunakan untuk Memancing Burung Walet dengan Sarang Palsu

PertaniankuSarang palsu burung walet berfungsi memancing perhatian burung sehingga mau bersarang di kandang yang sudah disediakan. Sarang tersebut terbuat dari kertas karton yang cukup murah dan sangat mudah dibuat. Bahan karton yang digunakan dapat memudahkan walet untuk mencengkeramkan kuku-kukunya.

sarang palsu burung walet
foto: pertanianku

Sarang palsu dari kertas karton sudah sering digunakan oleh penangkar burung walet di berbagai daerah, seperti di Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, hingga Malaysia dan Thailand. Sarang palsu burung walet terbukti mampu memberikan hasil memuaskan. Sekitar 80 persen walet berhasil dipancing untuk membuat sarang di kandang.

Untuk membuat sarang palsu dari kertas karton, Anda bisa langsung simak caranya di buku Memancing Walet dengan Sarang Kertas Karton Mudah & Super Murah.

Agar proses memancing berjalan lebih mudah, Anda perlu memberikan ramuan cairan beraroma sebagai perangsang. Pemberian aroma tersebut berfungsi untuk membuat sarang palsu menyerupai sarang aslinya. Dengan demikian, walet semakin tertarik dengan sarang palsu yang sudah disediakan.

Ramuan tersebut terbuat dari sarang walet kering. Berikut ini bahan yang dibutuhkan serta cara membuatnya.

Bahan dan alat:

  • Sarang walet kering 1 buah (8 gram untuk 50 sarang kertas)
  • Air 200 cc
  • Wadah/ember
  • Blender
  • Mesin pengering atau kipas angin
  • Sprayer

Cara membuat:

  • Masukkan sarang ke ember atau wadah yang sudah diisi air, kemudian diamkan hingga sarang mengembang. Proses ini bisa berjalan selama 24 jam.
  • Blender sarang yang sudah mengembang hingga hancur, kemudian tempatkan ke dalam wadah atau sprayer yang bersih.

Ramuan dapat diaplikasikan dengan cara dioleskan atau disemprotkan pada sarang kertas yang sudah disediakan. Ramuan diberikan pada seluruh bagian sarang, baik di luar maupun di dalam sarang.

Baca Juga:  Perilaku Itik yang akan Bertelur

Masih ada banyak informasi menarik tentang burung walet dan cara memancingnya yang dibahas di buku Memancing Walet dengan Sarang Kertas Karton Mudah & Super Murah. Informasi tersebut tentunya dapat memudahkan Anda dalam menjalankan usaha sarang burung walet. Buku tersebut bisa Anda dapatkan dengan menghubungi WhatsApp Admin Penebar Swadaya.