Rangkaian Menanam Tomat yang Benar

Pertanianku Tomat dapat menambah rasa gurih dan asam pada masakan. Oleh karena itu, banyak ibu rumah tangga yang tertarik mencoba menanam tomat sendiri di rumah. Menanam tomat sebenarnya mudah jika Anda mengetahui cara yang benar. Berikut ini rangkaian langkah demi langkah untuk menanam tomat yang bisa Anda ikuti.

menanm tomat
foto: pixabay

Sebelum ditanam, benih tomat harus disemai terlebih dahulu dan baru dipindahkan ke pot setelah tumbuh. Media semai yang bisa digunakan adalah wadah ceper seperti kotak kayu, baki, atau tray dengan tinggi 8—10 cm yang sudah diberi lubang pada bagian dasar.

Media tanam yang digunakan adalah campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Media tanam tersebut bisa diberikan sedikit TSP atau NPK. Anda juga bisa menggunakan media tanam berupa cocopeat.

Loading...

Lokasi semai yang baik adalah tempat lembap dan terlindungi dari cahaya matahari dengan penaung yang sedikit. Jangan gunakan penaung yang terlalu banyak karena bisa menyebabkan masalah di kemudian hari.

Menanam bibit

Bibit yang sudah tumbuh di media semai bisa dipindahkan ke pot atau lahan yang sudah disediakan. Pastikan bibit tersebut benar-benar sehat. Bibit yang sehat akan ditandai dengan warna daun yang cerah, batang yang kokoh, dan tidak ada tanda/gejala terserang hama serta penyakit. Saat memindahkan bibit, perhatikan bentuk estetika pohon karena pohon tomat bisa menjadi alternatif tanaman hias yang menghasilkan buah jika ditata dengan benar.

Perawatan

Salah satu bagian penting yang harus dijalankan dengan benar. Dalam masa perawatan, tanaman harus diberikan cukup air, dilindungi dari hama, pemangkasan, pemupukan, dan lain-lain. Anda harus mengetahui karakteristik pohon tomat dengan baik agar bisa melakukan tindakan perawatan yang tepat. Dalam buku Bertanam Tomat di Pot menyajikan informasi menanam tomat secara jelas, padat, dan lengkap. Di dalamnya terdapat gambar yang bisa memudahkan Anda memahami pembahasannya.

Panen

Jika teknik perawatan yang Anda lakukan sudah tepat, pohon akan mulai berbuah setelah 2—3 bulan masa perawatan. Tentunya, bisa memanen dari pohon yang ditumbuhkan sendiri akan memiliki nilai tersendiri. Tomat yang berbuah rimbun harus dipanen setiap hari untuk menjaga kontinuitas pembuahan.

 

 

 

Baca Juga:  Pupuk yang Dibutuhkan untuk Tanaman Sayur di Polibag
Loading...
Loading...