Rasakan Manfaat Luar bisa Minum Air Mentimun Setiap Hari


Pertanianku — Selama ini, mentimun mungkin hanya dipandang sebagai sayur pelengkap yang dinilai memiliki sedikit kandungan gizi. Padahal, ada manfaat tersembunyi yang diperoleh jika minum air mentimun setiap hari.

Minum Air Mentimun
Foto: Shutterstock

Bukan hanya bisa menjadi makanan tambahan yang menjaga tubuh dari dehidrasi, mentimun juga menjadi salah satu makanan yang efektif membantu menurunkan berat badan dan menjaga kelembapan kulit.

Tak hanya itu, masih banyak manfaat lain dan lebih dahsyat yang diberikan oleh sayur berkulit hijau tersebut. Dilansir dari Health Line, ini manfaat minum air jus mentimun untuk kesehatan Anda.

  1. Menangkal radikal bebas

Kandungan anti-oksidan tinggi pada mentimun membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Penelitian mengungkapkan bahwa anti-oksidan adalah obat yang bisa mencegah kerusakan kulit dan penuaan dini.

  1. Mencegah kanker

Mentimun memiliki kandungan vitamin C, beta karoten, mangan, dan flavonoids aktif bukan hanya melawan radikal bebas, melainkan juga membantu menjaga sel sehat. Bersama dengan komponen bernama cucurbitacin dan nutrisi yang disebut lignan, mentimun diketahui bisa memperlambat perkembangan kanker prostat.

  1. Menurunkan tekanan darah

Karena mengandung kalium, minum jus mentimun bisa menurunkan hipertensi karena bisa membantu penyaringan dan pembuangan garam berlebih di dalam tubuh.

  1. Menjaga kekuatan tulang

Mungkin Anda kira hanya susu berkalsium yang bisa menjaga kesehatan tulang. Namun, mentimun yang tinggi kandungan vitamin K yang juga berperan membantu menyerap protein dan kalsium sehingga bisa menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

Jadi, mulai sekarang jangan pernah abaikan manfaat mentimun ya!

Baca Juga:  Peneliti: Garam Tak Seburuk yang Diklaim Semua Orang
loading...
loading...