Ratu Buah yang Kaya Manfaat, Buah Apa Itu?


Pertanianku — Jika melihat buah manggis, Anda pasti akan langsung mengenalinya sebagai buah yang memiliki banyak. Selain rasa buahnya yang nikmat, kulit dari ratu buah ini mengandung banyak vitamin dan senyawa khusus yang baik untuk mencegah, mengurangi rasa sakit, dan bahkan mengobati penyakit tertentu.

ratu buah
Foto: Pixabay

Buah manggis cukup populer di Filipina dan memiliki sebutan istimewa. Manggis mendapat julukan sebagai ratu buah (Queen Fruit), sedangkan durian sering disebut rajanya buah (King Fruit). Sementara, nangka dikenal sebagai jack fruit.

Buah manggis yang dalam bahasa Latin disebut Garcinia mangostana, memiliki bentuk lonjong dan juga memiliki diameter terbesar di bagian tengah. Mahkota buah manggis biasanya berwarna hijau, namun tak jarang juga berwarna cokelat.

Daging manggis berwarna putih dengan tekstur sedikit berserat, renyah dan mengandung banyak air, serta memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Buah ini memiliki ukuran biji yang berbeda-beda dan sebaiknya tidak memakan bijinya saat Anda mengonsumsi buah manggis.

Nah, yang paling menarik dari buah manggis terletak pada bagian bawahnya, yakni terdapat tanda berbentuk bintang yang jumlahnya bisa dihitung. Jumlah tanda bintang itu berbeda-beda pada setiap buah manggis, walaupun ada yang sama antara buah yang satu dengan yang lainnya.

Misalnya, jika tanda bintang yang ada di bawah buah manggis itu jumlahnya 5, maka isi yang ada di dalam kulit buah tersebut juga memiki jumlah yang sama, yaitu 5.

Dalam buah manggis terdapat beberapa vitamin, di antaranya vitamin C yang bekerja sebagai anti-oksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit seperti flu, infeksi, hingga kanker.

Selain itu, buah manggis juga mengandung vitamin B kompleks, seperti folat, niacin, dan thiamin yang dapat bertindak sebagai senyawa nonkimia (kofaktor) dalam memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Baca Juga:  Cara Paling Tepat Membuat Tanaman Cepat Berbuah

Tidak hanya buah bagian dalamnya, kulit manggis juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buktinya saat ini banyak orang yang berburu kulit manggis untuk dijadikan obat herbal. Bahkan, sudah banyak perusahaan obat yang memproduksi berbagai produk dengan berbahan dasar kulit manggis.