Ratusan Ekor Ayam Mati Mendadak di Tasikmalaya, Apa Penyebabnya?


Pertanianku – Baru-baru ini terjadi kasus ayam mati mendadak di Kelurahan Singkup, Kecamatan Purbaratu, Tasikmalaya, Jawa Barat. Warga dan peternak ayam di daerah tersebut dibuat khawatir dan resah akibat banyak ratusan ayam tertular penyakit dan pada akhirnya mati secara massal.

“Baru pertama kali kejadian seperti ini di sini, bisa karena pengaruh cuaca,” jelas Nunu Hidayat, peternak ayam di Kampung Depok, Kelurahan Sukamenak, Kecamatan Purbaratu, Tasikmalaya, seperti mengutip Antara (26/7).

Sejak beberapa hari lalu, ratusan ekor ayam mati mendadak di Kelurahan Singkup. Kasus serupa kemudian ditemukan di Kampung Depok dimana puluhan ekor ayam juga mati tanpa sebab.

Nunu mengaku, selama menekuni usaha ternak ayam baru kali ini ayamnya mati mendadak dalam jumlah yang besar. Ayam yang mati itu, lanjutnya, terpaksa dibuang ke selokan dan empang sebagai pakan ikan.

Peternak ayam broiler, Dede Rahmat, juga harus menyaksikan ayam-ayam peliharaannya mati mendadak. Bahkan, dia melihat fenomena itu sudah terjadi beberapa hari lalu. Dari sekitar empat ribu ekor yang diternaknya, 1.200 ekor di antaranya mati mendadak yang diduga akibat telat diberi pakan.

“Mungkin karena telat pakan, terus sampai kekurangan pakan, lalu apa saja dimakan, habis itu mulai sering ada yang mati,” ungkap Dede.

Baca Juga:  Begini Caranya Atur Cahaya untuk Kandang Layer
loading...
loading...