Ratusan Juta dari Panen Sarang Walet

Pertanianku— Sarang burung walet telah menjadi komoditas ekspor yang sangat diminati, bahkan nilainya terus bertambah. Sarang burung walet ini dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Itu sebabnya jumlah ekspor sarang walet terus mengalami kenaikan setiap tahunnya.

sarang walet
foto: Trubus

Indonesia memiliki daerah yang berpotensi menjadi lokasi budidaya burung walet karena sinar matahari dan kondisi tanah yang subur. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang tertarik untuk terjun menjadi pembudidaya sarang walet, bahkan ada banyak yang merenovasi rumah tinggalnya menjadi rumah walet.

Kelas Trubus: 100 Juta Pertama dari Panen Sarang Walet yang diselenggarakan oleh Trubus Expo akan menghadirkan praktisi agribisnis walet, Koh Abeng, untuk membahas trik menghasilkan Rp100 juta pertama dari budidaya walet. Acara ini diselenggarakan secara online di www.trubusexpo.com pada Jumat, 28 Januari 2022 pukul 13:30–15:00 WIB.

Sebenarnya, menjadi pengusaha walet tidak begitu sulit, ada beberapa trik yang perlu diketahui. Pertama, pembudidaya walet harus menyediakan rumah sebagai tempat tinggal walet. Rumah tersebut harus berada di lokasi yang tepat, seperti di daerah yang banyak dihuni oleh walet.

Kedua, rumah walet tidak boleh dibangun asal-asalan. Pembudidaya harus menyesuaikan rumah dengan habitat walet. Setelah rumah selesai dibuat, masih ada tahapan selanjutnya yang perlu dilakukan, yakni memancing walet datang agar membuat sarang.

Ketiga, memancing walet datang ke rumah walet perlu dilakukan oleh pembudidaya dengan mengunakan bunyi-bunyian suara walet. Bahkan, saat ini beberapa pembudidaya menggunakan teknologi speaker untuk mengundang walet datang.

Namun, beberapa kali, sering ditemukan walet sudah datang, tetapi sekadar lewat. Walet tersebut tidak menginap, apalagi membuat sarang. Hal tersebut merupakan salah satu dari tantangan yang perlu dihadapi pembudidaya. Budidaya walet memang tidak sulit, tapi memerlukan langkah-langkah yang tepat untuk menjadi pengusaha walet yang sukses.

Baca Juga:  Strategi Menentukan Skala Usaha Ayam Broiler

Kelas Trubus: 100 Juta Pertama dari Panen Sarang Walet dapat menjadi sumber informasi bagi Anda yang tertarik dengan usaha budidaya walet. Segera daftarkan diri Anda di www.trubusexpo.com karena kuota acara ini terbatas.