Raup Keuntungan Lebih Cepat dengan Menanam Jagung di Kebun Kemiri Sunan

PertaniankuPohon kemiri sunan baru bisa berbuah setelah berumur 5—6 tahun ke atas. Sementara itu, petani memerlukan hasil sebagai keuntungan dan perputaran modal pada awal-awal penanaman pohon kemiri. Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dari kebun kemiri sunan pada awal tahun penanaman adalah menanam tanaman sela.

pohon kemiri sunana
foto : http://disbun.jabarprov.go.id/

Ada banyak komoditas pertanian yang bisa dijadikan tanaman sela, salah satunya adalah jagung. Jagung merupakan salah satu komoditas pertanian dengan tingkat permintaan yang cukup tinggi. Pasalnya, jagung bisa dikonsumsi sebagai sayur atau bahan pangan.

Jagung juga bisa dikonsumsi oleh hewan ternak, bukan hanya bagian bulir buahnya, melainkan tongkol hingga batang tanaman juga bisa diolah menjadi pakan ternak. Jagung dianggap cukup potensial dijadikan tanaman sela karena tingkat penyerapannya cukup tinggi.

Pola yang digunakan untuk menanam kemiri sunan dan jagung adalah tumpang sari. Pola tersebut dapat mengoptimalkan pemanfaatan hara dari tanah, mengefisiensikan penggunaan lahan, serta membenahi lahan melalui limbah biomassa yang dihasilkan oleh jagung. Limbah tersebut dapat menjadi sumber bahan organik yang dapat mengurangi risiko gagal panen.

Kemiri sunan ditanam dengan jarak tanam sekitar 10 m × 10 m, jarak yang agak longgar dari biasanya. Tanaman yang masih berumur di bawah 8—10 tahun belum memiliki kanopi yang lebar sehingga sela-sela pohon masih bisa ditanami oleh jagung. Sementara itu, setelah kanopi pohon sudah saling menutupi, lahan sela tersebut sudah tidak bisa digunakan untuk menanam.

Sebenarnya, selain jagung masih ada beberapa tanaman pangan yang bisa digunakan, seperti kacang hijau, wijen, dan kacang tanah. Petani bisa menyesuaikan jenis tanaman sesuai dengan peluang pasar dan kesesuaian iklim lokasi perkebunan, ketinggian tempat, jenis tanah, serta curah hujan agar tanaman sela tersebut bisa tumbuh subur.

Baca Juga:  Aneka Olahan Makanan dari Umbi Garut

Budidaya jagung manis tidak begitu sulit, tetapi jagung cukup rentan diserang oleh hama. Petani perlu memahami cara budidaya tanaman jagung dengan benar agar bisa menghadapi permasalahan yang kemungkinan bisa saja timbul ketika proses usaha berlangsung.

Namun, penanaman dengan pola tumpang sari kerap mengalami permasalahan berupa kompetisi perebutan nutrisi di dalam tanah antara pohon kemiri sunan dan tanaman sela. Untuk meminimalisir kemungkinan tersebut, tanaman sela bisa ditanam di bawah tegakan dan di luar batas kanopi pohon.