Raup Omzet dari Ternak Cupang ala Mirza

Pertanianku — Mirza Ghulam Ahmad, penulis buku Cetak Cupang Kualitas Ekspor, mengupas trik jitu berbisnis cupang. Pria ini membeberkan rahasia sukses bisnis ikan cupang dalam acara Tali Kutang (Talkshow Interaktif dan Kuliah tentang Cupang) di Gramedia Matraman, Jakarta Timur pada Senin (21/10).

sukses bisnis ikan cupang
Foto: dok. Pertanianku

Menurut Mirza, kesalahan utama pemula bisnis cupang adalah terlalu fokus pada beternak. Padahal, untuk pemula seharusnya fokus mencari pasar dalam memasarkan cupang. Jika sudah terkenal, barulah mereka dapat melebarkan sayap menjadi pencetak cupang. Pencetak cupang yang berhasil, kemudian bisa melangkah menjadi peternak ikan cupang secara komersil.

Trik jitu berbisnis cupang yang paling utama bagi Mirza adalah konsisten. Dari awal, seorang pebisnis cupang seharusnya sudah mengetahui target pasar yang akan disasar dan konsisten dalam pasar tersebut.

Loading...

Pasar kelas bawah biasanya membeli cupang dengan harga murah. Meskipun demikian, kuantitas yang dijual harus banyak. Berbisnis cupang pada kelas ini mengandalkan kepercayaan dan bisa dilakukan dengan menitipkan cupang ke berbagai lokasi, seperti di depan sekolahan (SD).

Kelas bisnis cupang berikutnya adalah kelas menengah, di mana satu ekor ikan dapat dibanderol dengan harga Rp100—Rp200 ribu. Jika bermain di kelas ini, Anda akan bertemu dengan para pemula hobiis cupang dan penikmat cupang yang sudah berpenghasilan.

Kelas berikutnya adalah kelas atas yang mampu membeli cupang dengan harga lebih dari Rp500 ribu untuk satu ekornya. Terakhir, ada kelas hobiis yang membeli cupang untuk kesenangan pribadi. Harga ikan cupang pada kelas ini bisa mencapai jutaan rupiah.

Selain konsisten dalam memilih target pasar, menurut Mirza seorang pebisnis cupang juga harus konsisten dengan tipe ikan cupang yang digeluti. Tren memang akan selalu berkembang. Namun dengan mengikuti tren tersebut, Anda yang masih pemula dapat terbawa arus tanpa punya ‘nama’ yang cukup.

Baca Juga:  Rangkaian Kegiatan Trubus Agro Expo di ICE BSD

Di dunia bisnis ikan cupang, beberapa orang dikenal sebagai ‘raja’ dalam breeding ikan cupang varian tertentu. Dengan demikian, ia pun akan memperoleh pasarnya sendiri. Jenis ikan cupang juga sangat beragam dan masih terus berkembang sehingga memungkinkan banyak orang terjun di dalamnya.

Jika ingin berbisnis cupang, Anda dapat memulainya dengan memiliki buku Cetak Cupang Kualitas Ekspor yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Di sini, dijelaskan berbagai cara dan kiat sukses berbisnis cupang hingga meraup omzet jutaan tiap bulan.

Loading...
Loading...