Raup Omzet Rp50 Juta dari Budidaya Melon

0

Pertanianku – Seperti yang kita ketahui, komoditas melon memang memiliki pangsa pasar yang cukup bagus. Harga tidak terlalu fluktuatif membuatnya tidak mengalami gejolak harga seperti komoditas lainnya.

Inilah yang membuat seorang anggota polisi tertarik untuk mengembangkan usaha sampingan sebagai seorang petani buah. Bripka Sigit Krisyanto merupakan anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Polsek Juwangi Polres Boyolali Jawa Tengah.

Bisa dikatakan Bripka Sigit adalah seorang yang mempunyai ketertarikan akan bidang pertanian. Saat ini ia memiliki 1,5 hektare ladang yang merupakan peninggalan orang tuanya.

Salah satu jenis komoditas buah yang Bripka Sigit kembangkan adalah buah melon. Uniknya, melon yang ia kembangkan dapat menghasilkan 8—10 buah tiap tanaman. Padahal, biasanya tiap tanaman melon hanya menghasilkan 1—2 buah. Yang mengagumkan, dengan bermodalkan Rp20 juta, Bripka Sigit ternyata dapat meraup omzet Rp50 juta setiap panen melon tiba. Keuntungannyang terbilang cukup besar bukan?

Bripka Sigit menggeluti dunia agribisnis sejak 2010 lalu. “Bisnis ini cukup menjanjikan, karena pasarnya yang masih luas,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sigit menjelaskan, dengan kepiawaiannya membudidayakan padi dan buah, dia juga ingin citra Polri mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat lewat bidang pertanian dan perkebunan dengan mengajarkan atau membagi ilmu tentang membudidayakan padi dan buah-buahan agar masyarakat bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal untuk mendukung ketahanan pangan.

“Setiap kegiatan tentang penyuluhan atau tata cara membudidayakan padi dan buah tersebut biasanya saya upload lewat media sosial Facebook,” ujarnya.

Saat ini, selain dia bekerja di lapangan, Bripka Sigit juga mempunyai websitePolice Farmer” dan “Polisi Pertanian Indonesia”.

Dalam perjalanannya membudidayakan padi dan melon, Bripka Sigit mengaku mengalami berbagai macam kendala, di antaranya kendala dalam perawatan tanaman. Namun, ia menegaskan bahwasanya kendala tersebut bisa ia hadapi jika kita mau mempelajari dan terus berusaha menyelesaikan permasalahannya.

loading...
loading...