Rawat Kesehatan Kulit dengan Jus Buah Ini

Pertanianku — Semua orang ingin memiliki kulit yang tampak sehat karena kulit merupakan organ yang terletak paling luar sehingga paling mudah terlihat. Kulit yang tidak sehat akan terlihat jelas. Kesehatan kulit tersebut sangat berkaitan dengan asupan zat gizi dan zat fitokimia. Asupan zat gizi yang tidak seimbang ditanam dengan paparan radikal bebas dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan dini lebih cepat sehingga membuatnya terlihat tidak sehat.

kesehatan kulit
foto: Unsplash

Zat gizi yang mampu menjaga kesehatan kulit adalah zat fitokimia yang berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah efek radikal bebas pada kulit sehingga kulit terlihat lebih sehat.

Zat fitokimia tersebut bisa didapatkan di dalam beberapa buah yang sangat mudah ditemui di pasaran, seperti stroberi, sirsak, delima, dan nanas. Anda bisa mengonsumsi buah sebagai bentuk upaya menjaga kesehatan kulit secara alami.

Jenis-jenis buah tersebut dapat dikonsumsi dalam bentuk segar atau diolah menjadi bentuk jus. Anda bisa mengombinasikan beberapa buah menjadi jus agar rasanya lebih enak dan tidak bosan.

Buah sirsak

Sirsak yang memiliki rasa asam manis bersifat sebagai menyimpan air sehingga mampu memberikan kelembapan pada kulit dan mencegah kulit dari kekeringan.

Buah stroberi

Buah berwarna merah dengan bentuk yang ikonik ini mengandung berbagai vitamin seperti vitamin B1, B2, C, provitamin A, dan vitamin E yang lengkap. Kandungan gizi tersebut berguna untuk menghaluskan kulit, membuat kulit terlihat lebih cerah dan bersih, serta mencegah keriput pada kulit.

Buah delima

Buah delima mungkin agak susah didapatkan tidak seperti jenis buah lainnya. Buah ini berguna untuk membentuk permeabilitas kulit yang baik, menjaga kelembapan kulit, meningkatkan metabolisme kulit, mencegah inflamasi pada kulit, dan mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Baca Juga:  Manfaat Tanaman Penutup Tanah Bagi Tanaman Durian

Buah nanas

Buah nanas yang terasa manis dan segar karena mengandung banyak air, juga asam amino seperti sistin. Kandungan tersebut sangat berguna membentuk kulit dan rambut, membentuk formasi kulit, mempercepat penyembuhan luka, serta membantu memperlambat proses penuaan dini.