Redakan Batuk Akibat Merokok dengan Kayu Manis

Pertanianku — Asap rokok memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan tubuh. Seseorang yang menghirup senyawa kimia yang ada di dalam asap rokok akan mengalami batuk-batuk. Untuk meredakan saluran pernapasan yang terganggu karena batuk akibat merokok dapat dilakukan dengan menyeduh ramuan kayu manis.

batuk akibat merokok
foto: pixabay

Asap rokok yang masuk ke paru-paru membuat lapisan halus yang ada di dalam paru-paru meradang dan iritasi. Efek panjangnya adalah saluran udara untuk pernapasan mengalami penumpukan lendir dan memicu batuk sehingga tidak jarang para perokok mengalami batuk disertai dengan lendir.

Sebenarnya batuk akibat merokok dapat dihindari dengan cara seorang perokok berhenti merokok. Sebab, berhenti merokok sama saja dengan berhenti memasukkan asap rokok ke paru-paru. Namun, ada cara lain untuk menyembuhkan batuk akibat merokok, yaitu dengan membuat ramuan herbal dari kayu manis.

Loading...

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang sangat populer di seluruh penjuru Nusantara. Aroma yang khas serta cita rasanya, membuat kayu manis sering dijumpai di berbagai resep makanan. Namun, kelebihan kayu manis bukan saja pada aroma dan rasa, rempah-rempah ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan.

Kayu manis sendiri sudah masuk daftar obat alami untuk menyembuhkan batuk. Rempah ini memiliki kandungan minyak atsiri eugenol, safrole, sinamaldehde, tannin, kalsium oksalat, zat penyamak, dan damar. Pengobatan tradisional Tiongkok telah menggunakan kayu manis sebagai  obat untuk meredakan batuk berdahak. Dalam rempah ini juga mengandung anti-oksidan yang mampu melawan bakteri.

Ramuan kayu manis dipercaya mampu meredakan rasa gatal yang terjadi pada tenggorokan dan menghentikan perkembangan penyakit batuk ini. Kayu manis tidak dapat langsung dikonsumsi mentah, Anda harus meraciknya terlebih dahulu. Berikut resep ramuan kayu manis untuk meredakan batuk yang ditimbulkan dari rokok.

Baca Juga:  Terapi Jus Buah untuk Menghindari Kanker

Bahan-bahan:

  • Kayu manis muda sebanyak 1,5—6 gram
  • air hangat secukupnya

Cara membuat:

Kayu manis digiling hingga menjadi bubuk halus, lalu bubuk kayu manis diseduh dengan air hangat. Ramuan kayu manis dapat diminum secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal hingga batuk mereda.

Loading...
Loading...