Redakan Flu dengan Racikan Teh Rempah Berikut

Pertanianku — Gejala flu sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Mengurangi gejala flu pun bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya dengan mengonsumsi obat-obatan ataupun teh herbal. Tak hanya satu, ternyata ada beberapa racikan teh rempah untuk redakan flu yang bisa Anda coba.

teh rempah untuk redakan flu
Foto: freepik

Teh jahe

Jahe dikenal sebagai rempah dengan flavor hangat. Aromanya memberikan ketenangan, begitu pula dengan rasanya yang nyaman bagi tenggorokan. Mengonsumsi rimpang jahe bisa menghangatkan tubuh, terutama saat gejala flu menyerang.


Loading...

Cara membuat teh jahe adalah dengan mencampurkan air teh dengan beberapa potong jahe ketika masih panas. Anda bisa membakar jahe ini terlebih dahulu jika ingin rasa dan aromanya lebih keluar. Teh jahe akan lebih nikmat dinikmati saat hangat.

Teh serai

Tak kalah dari teh jahe, minuman yang satu ini juga bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh dan meredakan gejala flu. Serai dikenal sebagai rempah yang memberikan sensasi hangat bagi tubuh dan perut.

Cara membuat teh serai pertama-tama dilakukan dengan memilih serai terlebih dahulu. Pilih serai berbatang besar sepanjang kurang lebih 10 cm. Bagian terluar serai kemudian dikupas. Memarkan serai dengan benda keras (ulekan).

Rebus teh bersama dengan serai hingga mendidih. Perlu diingat bahwa serai memiliki kandungan minyak yang cukup tinggi. Oleh karena itu, teh serai pun akan sedikit berminyak. Usahakan untuk meminum teh serai ketika masih hangat.

Teh kayu manis

Rempah ketiga yang bisa Anda gunakan adalah kayu manis. Berasal dari kulit kayu tanaman kayu manis, rempah yang satu ini terkenal akan aromanya yang harum dan kuat. Biasanya, kayu manis digunakan sebagai campuran dalam pembuatan kue, camilan, dan hidangan berat.

Kayu manis bisa menghangatkan tubuh dan mengurangi gejala flu, terutama hidung tersumbat dan gangguan tenggorokan. Konsumsi teh kayu manis diharapkan bisa mengurangi gejala flu yang sedang diderita.

Kayu manis yang beredar di pasaran umumnya ada dua macam, yakni masih dalam keadaan batangan dan yang sudah dihaluskan. Anda bisa menggunakan keduanya. Cara membuat teh kayu manis adalah membuat seduhan tehnya terlebih dahulu. Masukkan kayu manis bubuk atau batang kayu manis sedikit ke teh yang masih hangat.

Loading...
Loading...