Redakan Gejala Asma dengan Kopi


Pertanianku – Meminum kopi sebenarnya memang disarankan oleh para ahli kesehatan dan peneliti sekalipun karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, meminumnya harus dalam batas kewajaran dan tidak berlebihan.

Bahkan, beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa meminum secangkir kopi setiap hari dapat membantu meredakan gejala asma.

Saat penderita mengalami serangan asma sementara tak ada inhaler tersedia, segera ambil sedikit kopi, lalu letakan pada mulut sembari menunggu pertolongan medis datang.

Perlu diketahui bahwa selama serangan asma, lapisan saluran udara penderita menjadi bengkak atau meradang yang disebabkan oleh penyempitan otot di sekitar saluran udara. Sementara itu, gejala-gejala asma yang dirasakan penderita antara lain mengi, napas cepat, batuk, dan kesulitan berbicara.

Kopi dinilai cukup efektif memberikan pasien asma sebagai pertolongan pertama karena setiap sel dalam tubuh memiliki reseptor rasa. Rasa pahit kopi memiliki tindakan farmakodinamik pada jaringan yang berbeda dalam tubuh. Oleh karena itu, kopi hitam pahit dapat melebarkan otot bronkus selama serangan asma.

Pendapat ini didukung oleh para peneliti dari University of Maryland yang mengatakan bahwa reseptor rasa pahit terletak di paru-paru. Namun, penelitian tersebut menemukan bahwa tak seperti di lidah, reseptor yang berada di paru-paru tidak mengirim sinyal ke otak. Namun, dia hanya menanggapi zat yang memiliki rasa pahit. Inilah alasannya kenapa kopi dapat membantu meredakan gejala asma.

Baca Juga:  Bagaimana sih Cara Membedakan Kopi Arabika dan Robusta?
loading...
loading...