Redakan Rasa Sakit pada Payudara dengan Daun Kembang Mentega

Pertanianku — Kembang mentega atau Tabernaemontana divaricata merupakan perdu tegak yang bisa tumbuh hingga setinggi 2 m. Batang berkayu bulat dan bercabang cukup banyak. Kembang mentega terkenal sebagai tanaman hias sekaligus tanaman obat. Salah satu penyakit yang bisa diatasi oleh tanaman ini adalah rasa sakit pada payudara.

kembang mentega
foto: Pixabay

Kembang mentega berasal dari India. Di daerah asalnya, tanaman ini biasa ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan atau kebun-kebun. Tanaman hias ini dapat membuat pekarangan menjadi lebih sejuk dan indah untuk dipandang.

Daun tanaman berbentuk bulat seperti telur hingga menjorong dengan bagian tepi yang rata. Posisi daun saling berhadapan.

Jika Anda memiliki tanaman ini di pekarangan rumah, Anda bisa menggunakannya sebagai tanaman obat sekaligus. Khasiat kembang mentega sebaai obat herbal bisa digunakan untuk membersihkan racun, menurunkan panas, menghilangkan rasa sakit, meluruhkan dahak, obat cacing, dan menurunkan tekanan darah.

Bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah getah, akar, kulit kayu, dan daun tanaman. Di bagian-bagian tersebut mengandung glukosida, damar dan zat penyemak, mondokaki yang mengandung alkaloid, serta resin.

Bagian kulit kayu dan akar tanaman mengandung tebernaemontanin, koronarin, koronandin, dregamin, vobasin, amirin, korin, kortin, dan lipeol.

Untuk mengatasi rasa sakit yang muncul di bagian payudara, Anda bisa menggunakan 20 lembar daun kembang mentega yang sudah dicuci hingga bersih. Setelah itu, campurkan daun dengan dua sendok makan air garam.

Ramuan herbal tersebut dapat digunakan untuk mengurapi payudara yang sedang sakit, lalu bebat dengan kain agar ramuan tidak tercerai-berai. Lakukan pengobatan ini secara rutin sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Meskipun belum ada literatur yang membahas efek samping penggunaan tanaman ini sebagai obat herbal, Anda tetap tidak disarankan untuk menggunakannya secara berlebihan dan sembarangan. Gunakan selama rasa sakit masih terasa, tapi jangan sampai dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Baca Juga:  Manfaat Singkong Sebagai Obat Herbal

Daun kembang mentega juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit mata atau peradangan yang terjadi di kulit dan luka.