Refrigeration & HVAC 2018 Mendorong Industri Berkelanjutan dengan Teknologi


Pertanianku — Event Refrigeration & HVAC Indonesia (RHVAC) 2018 yang juga penyelenggaraannya berbarengan dengan The 4th International Farming Technology (IFT) Expo memberi sorotan pada teknologi. Tentunya yang akan berkontribusi terhadap pembentukan industri yang sehat dan hemat energi di Indonesia.

Refrigeration & HVAC
Foto: Dok. Pertanianku

Event ini mendedikasikan diri dalam menggerakkan industri Indonesia untuk mencapai kinerja yang berkelanjutan melalui upaya penghematan energi dan peningkatan daya dengan adopsi teknologi yang tepat.

Penyelenggaraan pameran ini bertujuan memodernisasi industri dengan tidak melupakan kesadaran lingkungan. Selain itu, juga berupaya untuk memperkenalkan “Kualitas Rantai Dingin, Pendinginan & Kebutuhan Teknologi Iklim di Industri Bangunan dan Komersial Indonesia”.

RHVAC menyoroti (menggarisbawahi) inovasi pengendalian iklim oleh Refrigeration & HVAC Indonesia, Sektor Energi dan Energi Terbarukan dan Rangkaian Makanan Dingin & Sektor Pengolahan.

Pemilik, pembangun (developer) dan penyewa bangunan, pabrik, gudang, toko ritel, serta rumah yang memerlukan pendinginan, AC, pemanas dan kebutuhan ventilasi diarahkan untuk memikirkan kembali opsi energi dan daya mereka melalui solusi baru yang diperkenalkan di pameran.

Pada saat konferensi pers di hari pembukaan pameran, yakni Rabu (26/9), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berbagi wawasan tentang pembangunan sektor energi Indonesia dengan fokus pada upaya pemerintah untuk meningkatkan kemampuan elektrifikasi negara.

Sebagai salah satu industri penggerak ekonomi indonesia, industri perikanan perlu digenjot dengan teknologi maju yang dapat bermanfaat bahkan untuk daerah berkembang.

Dengan teknologi penyimpanan dingin (cold storage) modern yang dapat memfasilitasi peningkatan hasil dan distribusi perikanan, komunitas perikanan di desa akan dapat mencapai kesuksesan secara komersil. Selain itu, mampu memenuhi kebutuhan pangan nasional, demikian juga dengan meningkatkan ekspor.

RHVAC 2018 menghadirkan rangkaian produk yang luas yang terdiri atas Teknologi, Mesin & Peralatan, Solusi & Sistem, Instalasi & Aplikasi dan Produk, Suku Cadang & Alat untuk penggunaan industri, komersial dan residensial.

Baca Juga:  Inovasi Unik, Sepatu dari Kulit Ceker Ayam

Ruang lingkup produk yang banyak ini mencakup sistem Pemanasan, Pendinginan, Pemurnian, Filtrasi; AC & Ventilasi; Teknologi Vakum & Gas Industri; Sumber Energi Konvensional & Terbarukan; Pembangkit listrik; Pengendalian Lingkungan, Konservasi & Pengukuran untuk kebutuhan Energi & Energi, Produk-produk Industri & Konsumsi Beku; Produk Beku; Produksi, Pemrosesan & Pengemasan Penyimpanan dingin (Cold Storage), Transportasi & Distribusi layanan untuk mendukung Sektor Rantai Dingin.

Diadakan dari 26—28 September 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, RHVAC mengadakan pameran dengan 238 perusahaan yang berasal dari 15 negara dipimpin oleh pemimpin industri terkemuka dan merek populer seperti Gree, Daikin, Tecnopool, Bitzer, Shinmei, dan lain-lain.

Perusahaan Indonesia yang menjadi pionir industri seperti Pertamina, Airtekindo, ATW Solar, dan ITU Airconco menjadi distributor dan supplier pertama di negara ini yang menyediakan peralatan refrigeration dan HVAC dan solusi ke pasar lokal.

Dengan mengoptimalkan akses langsung ke para ahli dan profesional perusahaan di tempat, pengunjung dapat terhubung dengan mereka (produsen dan distributor) secara langsung untuk membahas tentang produk yang sesuai dengan keperluan. Selain itu, para pelaku usaha akan mendapatkan kemudahan dalam hal penawaran atau kesepakatan kemitraan secara efektif selama pameran.

RHVAC 2018 juga menyelenggarakan 4 konferensi dan seminar yang berbarengan. Selain itu, juga terdapat 15 lokakarya dengan memamerkan produk perusahaan-perusahaan untuk mengatasi isu-isu penting yang memengaruhi pasar HVACR domestik.

Ashrae Indonesia Chapter berinisiatif untuk menciptakan kondisi “Bangunan Sehat dan Ramah Lingkungan” untuk industri, pengaturan komersial dan pemukiman bangunan untuk komunitas Indonesia yang sedang tumbuh.

Berbagai presentasi teknis oleh perusahaan yang mengikuti pameran antara lain “Meningkatkan Efisiensi Energi dalam Bangunan” oleh ABB Sakti Mandiri, “Katup Multi-Fungsional/Katup Energi Belimo” oleh Belimo Actuators, “Teknologi dan Solusi untuk Masa Depan” oleh Bitzer Compressoss, dan banyak lagi.

Baca Juga:  Inovasi Unik, Sepatu dari Kulit Ceker Ayam

Diselenggarakan secara gratis untuk lebih menarik pengunjung dan memberi mereka kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan keahlian di industri, acara bersama di RHVAC 2018 membuat pameran menjadi salah satu manfaat yang tidak boleh dilewatkan.