Rekomendasi Camilan Olahan Kacang untuk Lebaran

PertaniankuCamilan olahan kacang banyak disajikan sebagai suguhan saat Lebaran. Selain karena rasanya yang nikmat, olahan kacang juga tahan lama untuk disimpan. Anda bisa menyetok camilan ini tanpa perlu terlalu khawatir akan menjadi basi dalam waktu yang singkat.

Camilan olahan kacang
Foto: pexels

Enting kacang jahe

Camilan ini terbuat dari kacang dan jahe. Kacang ditumbuk kasar hingga pecah namun tidak halus. Campuran kacang, gula merah, dan jahe dicetak dalam sebuah wadah dan diiris tipis agar bisa dijadikan camilan. Enting jahe kacang disukai karena rasanya yang manis dan memberikan kehangatan.

Loading...

Halua kacang

Makanan yang satu ini khas dari Pulau Morotai, Maluku Utara. Menyambut Lebaran, tidak ada salahnya, lho, menjadikan makanan ini sebagai salah satu camilan. Pembuatan halua kacang ini dilakukan dengan mencampur kacang kenari cincang dengan gula merah dan diberi serutan singkong.

Rempeyek kacang

Makanan yang satu ini ada banyak di pasaran. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dalam jumlah besar. Jika ingin membuat rempeyek kacang sendiri, pastikan Anda memiliki dua penggorengan dengan suhu yang berbeda karena rempeyek kacang digoreng dua kali agar rasanya lebih renyah.

Selain sebagai camilan, rempeyek kacang juga bisa menjadi menu pendamping makanan berat seperti ketupat opor. Rempeyek kacang juga cukup tahan lama selama tempat penyimpanannya kedap udara.

Gula kacang

Gula kacang dikenal juga sebagai enting-enting gula jawa. Makanan ini terbuat dari kacang yang disatukan menggunakan gula merah. Sebelum diolah, kacang harus digoreng terlebih dahulu, ya. Gula kacang dicetak menjadi bentuk bulat-bulat pipih. Gula kacang juga cukup awet untuk disimpan, asalkan penyimpanannya tidak dimasuki semut.

Kue kacang

Kue kacang banyak dijadikan camilan saat Lebaran. Kue yang satu ini berbahan baku berupa kacang tanah yang sudah dihaluskan. Kacang tanah ini nantinya akan memberikan rasa yang khas pada kue kacang. Biasanya, kue kacang hadir dalam bentuk bulan sabit dengan bagian atas mengilat karena dioles kuning telur sebelum dipanggang.

Baca Juga:  Olahan Daging Ikan Lele yang Berpotensi Menghasilkan Cuan

Geti wijen kacang

Camilan yang satu ini terbuat dari kacang tanah. Kacang dicincang kasar dan ditambahkan biji wijen. Campuran ini kemudian dibentuk persegi panjang.

Kue puteri salju

Siapa sangka, rasa khas dari kue bertabur gula halus ini berasal dari kacang tanah. Kacang tanah dihaluskan kemudian dibuat menjadi kue seperti kue kacang. Bedanya, kue puteri salju diberi taburan gula halus di bagian atasnya sehingga tampak seperti lapisan salju.

Loading...
Loading...