Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar Terindah untuk Aquascape


Pertanianku — Ikan yang cocok dipelihara sebagai ikan hias aquascape ada dua macam, yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Namun, di antara keduanya, ikan hias air tawar lebih mendominasi. Lantas, apa saja jenis ikan hias air tawar terindah yang cocok untuk aquascape?

ikan hias air tawar terindah
Foto: Google Image

Berikut ini 7 ikan hias air tawar terindah yang direkomendasikan untuk aquascape yang bisa Anda pilih dan pelihara.

  1. Guppy

Guppy adalah ikan hias air tawar yang termasuk dalam famili Poeciliidae. Awalnya, ikan hias guppy ini berasal dari spesies ikan liar. Namun karena memunyai karakteristik dasar yang menarik, maka guppy dikembangbiakkan dan disilangkan dengan berbagai jenis ikan hias lainnya.

  1. Discus

Discus merupakan salah satu ikan hias aquascape yang memliki banyak penggemar. Ciri-ciri unik dan menarik yang dimiliki oleh ikan hias discus, yaitu terdapat garis-garis melintang pada sekujur tubuhnya mulai dari kepala sampai ujung ekor.

  1. Manfish

Manfish merupakan salah satu ikan hias aquascape yang paling populer di kalagan hobiis. Para hobiis juga ada yang menyebutnya dengan ikan angelfish. Perairan Amazon, Peru, Columbia, Brazil, dan di daerah Amerika Selatan adalah habitat asli dari ikan hias manfish. Tapi untuk saat ini, di Indonesia juga sudah banyak yang membudidayakannya.

  1. Rainbow

Ikan hias yang berasal dari perairan Papua, Madagaskar, Australia, dan Asia Tenggara ini dapat bertahan hidup dengan rentang suhu air antara 22—28 derajat Celsius. Meskipun rainbowfish termasuk ikan yang aktif, tetapi ia bukanlah ikan yang agresif.

  1. Neon tetra

Neon tetra atau dalam bahasa Latinnya Paracheirodon innesi adalah ikan hias air tawar dari famili characin (characidae). Berasal dari perairan sungai clearwater di sebelah tenggara Kolombia, Brazil bagian barat dan Peru timur, neon tetra biasa hidup dalam rentan suhu antara 20—26 derajat Celsius. Ikan hias neon tetra termasuk dalam golongan hewan omnivora.

  1. Ember tetra
Baca Juga:  6 Kunci Sukses Budidaya Belut

Ember tetra merupakan ikan hias air tawar dari famili characidae. Ember tetra ditemukan sekitar 15 tahun yang lalu di perairan Sungai Brazil. Spesies ember tetra memiliki bentuk yang khas dibandingkan dengann tetra lainnya. Dalam pemeliharaannya sebagai ikan aquascape, dianjurkan dalam rentan suhu air antara 23—39 derajat Celsius.

  1. Dwarf gourami

Dwarf gourami atau Colisa lalia memiliki ukuran tubuh sepanjang 5 cm. Sangat berbeda dengan gurami yang kita kenal pada umumnya. Selain itu, dwarf gourami memiliki warna-warni yang cerah. Maka dari itu, dwarf gourami cocok dipelihara sebagai ikan hias aquascape.

loading...
loading...