Rekomendasi Tanaman untuk Musim Kemarau

Pertanianku — Memasuki musim kemarau, beberapa tanaman memang sebaiknya tidak ditanam di masa ini. Akan tetapi, masih banyak jenis tanaman pekarangan lainnya yang bisa Anda tanam. Berikut ini rekomendasi tanaman untuk musim kemarau yang bisa Anda budidayakan secara sederhana.

Tomat

tanaman untuk musim kemarau
Foto: unsplash

Jenis tanaman yang bisa tumbuh di tanah kering umumnya cocok ditanam pada musim kemarau. Salah satunya adalah sayuran buah yang satu ini. Tomat bisa tumbuh di dataran tinggi ataupun dataran rendah.

Loading...

Warna buah tomat cenderung dipengaruhi oleh suhu udara. Jika suhu udara tinggi, tomat akan memiliki warna yang lebih kuning. Idealnya, tomat ditanam pada wilayah dengan suhu 24—18 derajat Celcius sehingga warnanya pun merah cerah.

Kelembapan yang dibutuhkan untuk bertanam tomat adalah 80 persen. Sementara, untuk banyaknya sinar matahari yang diterima, bisa mencapai 10—12 jam per hari. Tomat bisa tumbuh dengan baik selama diberi pengairan yang cukup dan teratur.

Terung

tanaman untuk musim kemarau
Foto: unsplash

Tanaman pekarangan yang juga cocok ditanam pada musim kemarau adalah terung. Terung bisa tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi. Ia bisa tumbuh optimal pada suhu 22—30 derajat Celcius.

Tanaman terung pun bisa tumbuh subur selama mendapat cahaya matahari yang tumbuh. Sementara, pembentukan buah akan berlangsung ketika cuaca panas. Buah ini pun tidak akan berkembang jika suhu udaranya di bawah 17 derajat Celcius.

Terung juga terkenal tidak tahan terhadap genangan air. Oleh karena itu, pengairan yang cukup diperlukan tapi jangan sampai airnya menggenang.

Mentimun

tanaman untuk musim kemarau
Foto: unsplash

Buah yang satu ini sangat segar dikonsumsi terutama saat cuaca terik. Hal tersebut sangat cocok karena mentimun tidak cocok tumbuh pada daerah yang terlalu lembap. Mentimun akan tumbuh subur pada suhu udara 20—32 derajat Celcius, dengan suhu udara optimum adalah 27 derajat Celcius.

Baca Juga:  4 Jenis Sawi yang Umum Dipilih Konsumen

Curah hujan yang dibutuhkan untuk menanam mentimun adalah 200—400 mm per bulan. Oleh karena itu, pemberian air yang cukup diperlukan walaupun tidak membutuhkan air dalam jumlah yang sangat banyak.

Agar bisa tumbuh subur, mentimun sebaiknya mendapat sinar matahari selama 8—12 jam tiap hari dengan kelembapan udara di daerah tersebut berkisar antara 50—85 persen.

Ubi jalar

tanaman untuk musim kemarau
Foto: pixabay

Apakah Anda memiliki pekarangan yang luas? Ubi jalar adalah tumbuhan musim kemarau yang cocok untuk ditanam pada saat-saat ini. Tanaman ubi jalar bisa bertahan hidup pada suhu udara yang relatif tinggi, yakni hingga 40 derajat Celcius. Namun optimalnya, ubi jalar tumbuh pada lingkungan dengan suhu 21—27 derajat Celcius.

Pencahayaan yang diperlukan untuk menanam ubi jalar secara maksimal berkisar antara 11—12 jam tiap hari. Curah hujan yang optimal berkisar antara 750—1.500 mm. Pembentukan ubi pada ubi jalar sendiri akan berlangsung pada kondisi kering.

Loading...
Loading...