Remaja AS Tertangkap Usai Selundupkan Bayi Harimau


Pertanianku – Hewan buas yang satu ini merupakan hewan yang sangat dilindungi oleh negara. Namun, baru-baru ini seorang remaja asal California, Amerika Serikat (AS), bernama Luis Eudoro Valencia kedapatan menyelundupkan seekor anak harimau Bengal dengan melintasi perbatasan AS dan Meksiko. Hal ini membuat remaja tersebut langsung ditangkap dan anak harimau tersebut langsung diamankan.

Pria berusia 18 tahun tersebut dikenakan tuduhan penyelundupan hewan dari Meksiko ke AS setelah petugas menemukan anak harimau yang tengah terbaring di dalam kendaraannya.

Luis ditangkap ketika melintasi perbatasan Otay Mesa pada Rabu (23/08) pagi. Petugas dari US Fish & Wildlife Service membawa hewan itu untuk dirawat. Anak harimau tersebut kemudian diserahkan ke Taman Safari San Diego untuk dipelihara dan dirawat lebih lanjut.

Luis mengatakan ia membeli anak harimau sebesar $300 atau Rp3,9 juta dari seseorang yang membawa seekor harimau dewasa di jalanan Kota Tijuana di Meksiko.

Dokter hewan di kebun binatang San Diego yang memeriksa kesehatan anak harimau ini menyebutkan bahwa hewan mungil ini dalam kondisi sangat baik.

“Jantung dan paru-parunya terdengar bagus, aliran darahnya bagus dan setelah dia mau minum dari botol yang diberikan oleh kami, itu tanda-tanda dia akan berkembang dengan baik,” terang Dr. Jim Oosterhuis, yang dikutip dari situs kebun binatang tersebut.

“Saya memperkirakan anak harimau itu berusia antara lima dan enam hari, dan berat badannya sedikit di atas enam pounds (enam kilogram),” ungkap Dr. Oosterhuis. “Giginya sedang tumbuh, jadi dia akan tumbuh gigi pada pekan depan atau dua minggu lagi.”

Saat ini anak harimau tersebut dijaga ketat oleh staf kebun binatang dan akan ditempatkan jauh dari hewan lainnya. Untuk mengimpor spesies langka ke Amerika Serikat membutuhkan izin khusus. Sebab, seluruh jenis hewan langka dilindungi dalam UU Spesies Terancam Punah.

Baca Juga:  Kementan Tanam Bawang Putih di Tiga Lokasi Secara Serempak
loading...
loading...