Rempah Kapulaga dengan Segudang Manfaatnya untuk Kesehatan


    Pertanianku — Tak lagi dipungkiri, selama ini kapulaga memang dikenal sebagai salah satu rempah yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Rempah kapulaga memang banyak digunakan sebagai bumbu masakan Indonesia dan negara Asia lainnya.

    Rempah kapulaga
    Foto: Google Image7

    Selain itu, kapulaga juga dikenal sebagai salah satu bumbu dapur termahal ketiga setelah saffron dan vanili. Namun disamping itu, kapulaga ternyata juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

    Nah, apa sajakah manfaat dari salah satu rempah bumbu masakan ini? Berikut ini beberapa manfaat menyehatkan dari kapulaga seperti dilansir dari Magforwomen.

    1. Baik untuk kesehatan perut

    Kapulaga diketahui sangat bermanfaat untuk mengontrol kesehatan empedu dan cairan lambung. Dengan begitu, kapulaga dapat menghindarkan Anda dari penyakit asam lambung.

    1. Baik untuk jantung

    Kapulaga memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tekanan darah rendah. Oleh sebab itu, kapulaga baik untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Selain manfaat tersebut, rempah yang satu ini juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah.

    1. Baik untuk tulang

    Kapulaga mengandung dua zat penting yang baik untuk kesehatan tulang, yaitu mangan dan vitamin C. Kedua zat ini juga mempunyai peranan penting untuk mencegah osteoporosis.

    1. Baik untuk ginjal

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sifat diuretik yang dimiliki kapulaga penting untuk menjaga kesehatan ginjal Anda. Sifat alami ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih seperti sistitis dan nefritis.

    1. Memiliki sifat analgesik

    Sifat analgesik (antinyeri) dari kapulaga mampu menghilangkan rasa sakit, nyeri otot, dan kejang. Selain itu, kapulaga juga mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat mengobati gusi bengkak.

    1. Meningkatkan suasana hati

    Kapulaga memiliki sifat antidepresan. Karena itu, apabila Anda sedang merasa sedih atau tidak bersemangat, secangkir teh kapulaga mampu meningkatkan suasana hati.

    1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Baca Juga:  Manfaat Pare Belut untuk Atasi Berbagai Penyakit

    Kapulaga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sebab, kapulaga mampu melawan bakteri dan patogen lainnya yang mampu membuat tubuh Anda tetap sehat.