Rempah-rempah Indonesia yang Sangat Terkenal

Pertanianku — Indonesia sudah terkenal sebagai penghasil rempah sejak zaman dahulu. Banyak pedagang rempah-rempah yang datang ke Indonesia untuk mendapatkan komoditas tersebut. Rempah Indonesia digunakan untuk membuat obat, pengawet makanan, pengharum ruangan, dan kosmetik. Berikut ini beberapa aneka rempah khas Indonesia yang sudah terkenal hingga ke Benua Eropa.

rempah Indonesia
foto: Pertanianku

Pala

Pala berasal dari Kepulauan Banda dan Maluku. Zaman dahulu, pala diperdagangkan oleh pedagang asal Arab di Eropa. Dahulu pala sangat dibutuhkan untuk mengawetkan daging di musim dingin. Karena fungsinya yang sangat penting, harga komoditas pala melambung sangat tinggi. Orang-orang Eropa mulai penasaran dengan pala, mereka pun mulai melakukan ekspedisi untuk mencari asal rempah-rempah tersebut.

Kayu manis

Kayu manis sering dijual dalam bentuk gulungan kulit kayu ataupun serbuk kayu. Rempah-rempah ini berasal dari Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Merangin, Kota Sungai Penuh, Jambi. Saat ini, Indonesia menjadi salah satu negara pemasok kayu manis di dunia, hampir 45 persen kebutuhan kayu manis dipenuhi dari Indonesia.

Kayu manis sering digunakan sebagai campuran masakan dan minuman. Rempah-rempah ini dapat menambah cita rasa serta menguatkan aroma makanan.

Kapulaga

Kapulaga sering digunakan sebagai bumbu masak. Masyarakat Inggris menjuluki kapulaga sebagai Grains of Paradise atau biji-bijian surga. Hal ini karena aroma kapula yang sangat khas sehingga membuat nafsu makan semakin bergairah. Di Indonesia, jenis kapulaga yang sering digunakan adalah kapulaga jawa.

Cengkih

Cengkih berasal dari Maluku dan pernah menjadi komoditas rempah termahal di Eropa. Uniknya, masyarakat Maluku menanam pohon cengkih ketika ada anak yang baru lahir. Selanjutnya, pohon tersebut akan dirawat seperti anak yang baru lahir. Dahulu, harga komoditas cengkih pernah lebih mahal dari emas.

Baca Juga:  Asia Organic Youth Forum 2021, Cetak Petani Organik Milenial di Asia

Lada

Ada dua jenis lada yang telah dikenal, yakni lada putih dan lada hitam. Rempah-rempah ini berasal dari Kepulauan Bangka Belitung. Lada sendiri dijuluki sebagai King of Spice atau raja rempah-rempah karena sangat sering digunakan pada menu masakan yang berasal dari berbagai penjuru dunia.