Rempah-rempah yang Ampuh Mencegah Virus Corona Sejak Dini

Pertanianku — Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh belahan dunia telah memengaruhi seluruh aspek kehidupan. Masyarakat harus lebih ekstra waspada agar tidak terjangkit virus yang cukup berbahaya. Ada banyak jenis tanaman herbal di Indonesia yang bisa digunakan untuk mencegah virus Corona. Tanaman herbal tersebut adalah rempah-rempah yang sering Anda gunakan untuk memasak.

mencegah virus corona
foto: Pertanianku

Dalam buku Herbal Atasi Corona: Jurus Jitu Tangkal Corona Sejak Dini membahas berbagai tanaman herbal yang mampu mencegah virus Corona dan ditulis langsung oleh Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si, dokter sekaligus praktisi herbalis. Berikut ini beberapa jenis rempah-rempah yang bisa Anda gunakan untuk mencegah virus Corona.

Jahe

Di dalam jahe mengandung bahan aktif berupa gingerol, shogaol, gingerone, dan beberapa jenis bahan aktif lainnya. Seluruh bahan aktif yang terkandung di dalam jahe dapat berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, jahe dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh, membunuh bakteri di dalam tubuh, dan meningkatkan nafsu makan.

Kunyit

Kunyit terkenal sebagai rimpang yang dapat memberikan warna pada masakan. Di dalam kunyit terkandung kurkuminoid, minyak atsiri, zat besi, fosfor, arabinose, pati, tannin, dan damar. Kandungan kurkuminoid di dalam kunyit berperan sebagai antivirus dan imunomodulator. Kunyit berfungsi sebagai antivirus yang baik untuk tubuh manusia.

Asam jawa

Asam jawa sering digunakan sebagai pemberi cita rasa segar pada masakan. Buah asam juga sering diolah menjadi makanan olahan seperti selai, permen, sirup, dan minuman seperti kunyit asam. Di dalam asam jawa mengandung asam tartat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat, asam asetat, pectin, dan gula invert. Seluruh kandungan tersebut berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga:  Cara Alami Membasmi Hama Tikus

Serai

Serai mengandung vitamin B, magnesium, kalium, zat besi, dan antioksidan seperti asam klorogenat, isoorientin, dan swetia japonin. Kandungan antioksidan di dalam serai berperan melawan radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit seperti flu, batuk, dan kanker.

Masih ada banyak tanaman herbal lainnya yang bisa dikonsumsi sehari-hari untuk melindungi tubuh dari paparan virus Corona. Anda bisa membaca lebih jelas dalam buku Herbal Atasi Corona: Jurus Jitu Tangkal Corona Sejak Dini yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya di Google Book atau Anda bisa mendapatkan versi cetaknya dengan menghubungi WhatsApp Admin Penebar.


loading...