Rempah-rempah yang Dibutuhkan untuk Membuat Keripik Tempe Semakin Lezat

PertaniankuKeripik tempe akan jauh lebih lezat jika dibuat dengan tambahan rempah-rempah, rasanya menjadi lebih kaya dan tidak monoton. Rempah-rempah tersebut bisa berguna memberikan rasa serta aroma pada keripik. Selain itu, rempah-rempah tersebut juga mengandung nutrisi sehingga dapat menambah nutrisi pada produk keripik yang Anda buat.

keripik tempe
foto: https://diskopindag.malangkota.go.id/

Ada beberapa rempah-rempah yang bisa digunakan untuk membuat keripik tempe, seperti bawang putih, kencur, ketumbar, kemiri, daun bawang, daun jeruk, daun seledri, dan daun prey. Tiap rempah tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Simak ulasan lebih lanjut di bawah ini.

Bawang putih

Loading...

Bawang putih atau Allium sativum sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu bumbu masakan oleh masyarakat Indonesia dan masyarakat di berbagai belahan dunia lainnya. Bawang putih terkenal mampu memberikan aroma khas. Selain aroma, bawang putih terkenal sebagai penyedap rasa yang selalu diandalkan. Sebaiknya, gunakan bawang putih berukuran besar dan seragam untuk memudahkan proses pengolahan.

Kencur

Kencur atau Kampferia galangal, rempah ini biasanya digunakan untuk memberikan aroma yang spesifik. Pada olahan makanan, kencur sering digunakan untuk menambahkan cita rasa yang khas. Kencur yang digunakan sebaiknya berukuran besar dan utuh agar mudah diolah.

Ketumbar

Biji ketumbar atau Fructus coriandri memiliki aroma yang tajam sehingga berguna untuk mempertajam aroma pada masakan. Biji ketumbar juga bisa membuat cita rasa menjadi lebih lezat.

Kemiri

Buah kemiri atau Aleurites javanica merupakan salah satu rempah andalan orang Indonesia yang sangat sering digunakan dalam berbagai aneka campuran bumbu masakan, salah satunya adalah keripik tempe. Kemiri biasanya bisa membuat adonan menjadi lebih kental.

Daun seledri, daun prey, daun bawang, dan daun jeruk

Baca Juga:  Olahan Daging Ikan Lele yang Berpotensi Menghasilkan Cuan

Keempat jenis daun ini berfungsi menambahkan rasa pada keripik tempe yang dihasilkan sehingga rasanya menjadi lebih bervariasi, segar, dan tidak monoton. Dedaunan ini juga bisa digunakan untuk menambahan aroma pada keripik menjadi lebih semerbak. Tiap daun tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu menambah aroma serta rasa, penggunaannya pun bergantung pada selera Anda. Misalnya, jika daun jeruk yang digunakan, aroma serta rasa yang muncul adalah daun jeruk.

 

Loading...
Loading...