Rempah-rempah yang Memiliki Kesamaan Bentuk, Simak Perbedaannya

Pertanianku — Ada banyak jenis rempah-rempah di Indonesia, bahkan konon, salah satu alasan Indonesia dijajah adalah karena kekayaan rempahnya. Rempah merupakan bumbu masakan yang dapat menambah cita rasa, aroma, serta tekstur makanan menjadi lebih nikmat saat dimakan.

rempah-rempah
foto: pixabay

Rempah sudah menjadi ciri khas Indonesia, hampir seluruh resep masakan tradisional menggunakannya sehingga lebih kaya rasa serta aroma. Rempah-rempah yang sering digunakan untuk memasak sehari-hari disebut dengan bumbu dapur. Bagi mereka yang jarang memasak, pasti pernah mengalami kesulitan membedakan rempah-rempah karena ada beberapa rempah yang mirip.

Berikut ini beberapa rempah yang memiliki bentuk hampir sama, Anda bisa menyimak cara membedakannya.

Loading...

Ketumbar dan merica

Ketumbar dan merica sama-sama berbentuk bulatan kecil berwarna kecokelatan. Hal tersebut kerap kali membuat orang-orang bingung untuk membedakan di antara keduanya. Anda bisa membedakannya dari segi tekstur. Ketumbar memiliki garis-garis pada pemukaannya dan warnanya lebih cokelat dibanding lada putih.

Selain itu, warna ketumbar jauh lebih putih dibandingkan lada putih. Saat dibelah, lada terlihat padat, sedangkan ketumbar terlihat kopong. Lada putih atau ketumbar memiliki rasa yang kuat dibandingkan ketumbar. Ketumbar rasanya cenderung agak pahit dan hambar.

Kemiri dan pala

Sama-sama berbentuk agak lonjong dan berwarna putih kusam, kemiri dan pala sering membuat orang bingung. Padahal, perbedaan kedua jenis bumbu ini sangat kontras. Anda sudah bisa mengetahuinya dari tekstur dan aroma. Pala beraroma sangat khas dan kuat, sedangkan aroma kemiri tidak kuat.

Dari segi tekstur, kemiri relatif mudah dibelah dengan tekstur yang agak lembut, sedangkan pala cukup keras sehingga harus ditumbuk agar hancur.

Jintan dan adas manis

Bumbu rempah yang berbentuk seperti butiran beras dengan warna cokelat, yakni jintan dan adas manis. Jika dilihat sekilas, memang kedua rempah ini terlihat sama. Namun, saat diperhatikan secara saksama, adas manis berbentuk gelombang pada bagian ujungnya. Selain itu, jintan dan adas manis sama-sama mengeluarkan aroma wangi, tetapi adas memiliki aroma yang lebih khas.

Baca Juga:  Menanam Kubis di Lahan Rawa
Loading...
Loading...