Rempah yang Bisa Ditanam dalam Pot


Pertanianku — Saat ini, lahan untuk perkebunan semakin sempit, terutama di perkotaan. Jadi, sangat sulit mendapatkan tempat untuk memiliki kebun sendiri. Padahal, jika memiliki kebun, apa pun bisa Anda tanam termasuk tanaman herbal. Namun, ada beberapa rempah yang bisa ditanam dalam pot. Apa saja itu?

rempah yang bisa ditanam dalam pot
Foto: Shutterstock

Orang yang tinggal di pedesaan biasanya gemar berkebun dan memiliki kebun kecil di halaman belakang rumah mereka. Namun, apa yang harus dilakukan jika Anda tidak memiliki ruang untuk itu padahal berkebun adalah salah satu hobi Anda?

Sedikit tanaman hijau di rumah Anda tidak hanya mengubah dekorasi interior ruangan, tapi juga bisa memberikan efek ketenangan pada mata Anda. Misalnya saja, jika Anda menanam oregano dalam pot, Anda bisa membuat sup dan pizza lezat dengan menambahkan beberapa rempah segar yang tumbuh di pot.

Manfaat dari rempah yang tumbuh di pot, yaitu Anda dapat dengan mudah menyesuaikan tanah. Selain itu, Anda bisa memindahkan pot jika dibutuhkan bahkan menyiramnya akan menjadi tugas yang sederhana. Juga, jika Anda mengatur pot itu dengan indah, mereka akan meningkatkan nilai estetika tampilan rumah Anda.

Nah, berikut ini beberapa tanaman herbal yang bisa Anda tanam dalam pot di rumah.

  1. Mint

Tanaman ini tidak butuh banyak waktu untuk tumbuh menjadi semak besar. Anda bisa menggunakannya untuk membuat teh atau menggunakannya dalam sup. Rempah ini bisa tumbuh dalam ruang yang tidak mendapat banyak sinar matahari. Ini jelas salah satu rempah terbaik yang bisa ditanam dalam pot.

  1. Bawang

Anda mungkin biasa membeli rempah ini dari pasar untuk hidangan sehari-hari. Mengapa tidak menanam daun bawang dalam pot dan membuatnya berguna? Diperlukan tanah yang lembap dan sinar matahari hanya 4—5 jam.

  1. Peterseli
Baca Juga:  Alasan Hidroponik Perlu Lampu LED

Anda harus tetap bersabar, karena peterseli butuh lebih banyak waktu untuk keluar dari benih. Tapi, saat mulai tumbuh, ia bisa memberi Anda daun dan bunga selama hampir dua tahun. Isi pot dengan tanah dan tabur banyak biji peterseli di dalamnya, lalu rawatlah mereka hingga tumbuh dengan baik dan hasilnya bisa dimanfaatkan.

  1. Kemangi

Meskipun kemangi menyukai kehangatan, tanaman ini tidak harus tumbuh di bawah sinar matahari langsung. Jadi, simpan pot di tempat yang hangat dan terlindung. Waktu terbaik untuk menabur benih kemangi adalah pada sore hari. Anda harus menggunakan tanah yang dikeringkan dengan baik karena air bisa merusak akar kemangi.

  1. Ketumbar

Ini adalah salah satu rempah terbaik yang bisa tumbuh dalam pot dan juga paling banyak digunakan di dapur para ibu.

loading...
loading...