Rencana Revitalisasi Hutan Kota Kayu Putih Indramayu

Pertanianku — Nasib hutan kota kayu putih di Jalan Pahlawan, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, yang sempat terlantar, kini mulai mendapat perhatian. Pemkab Indramayu bekerja sama dengan PT Polytama Propindo siap melakukan revitalisasi hutan kota kayu putih tersebut.

revitalisasi hutan kota kayu putih
Foto: Google Image by Pemprov Jabar

Rencana tersebut terungkap setelah manajemen PT Polytama Propindo melakukan audiensi dengan Bupati Indramayu, yakni Supendi, dan meninjau langsung hutan kota tersebut beberapa hari yang lalu.

Supendi menjelaskan, hutan kota kayu putih berdiri sejak 2002 dengan adanya Keputusan Bupati Indramayu Nomor 522.1/Kep.125A-Dishutbun/2002. Namun seiring dengan perubahan SOTK dan kewenangan tentang kehutanan, kewenangan terhadap hutan kota itu beralih ke tangan Pemprov Jabar.


Loading...

Kendati demikian, karena hutan kota itu berdiri di lahan milik pemerintah daerah, Pemkab Indramayu berinisiatif untuk melakukan revitalisasi. Rencana revitalisasi itu melibatkan Pemprov Jawa Barat dan pihak swasta, yaitu PT Polytama Propindo.

Hutan kota kayu putih yang ada saat ini memiliki luas lahan 2,5 hektare. Melalui revitalisasi, hutan kota rencananya akan dikembangkan menjadi empat hektare, dengan menggunakan lahan yang ada di belakangnya. Selain itu, di hutan kota juga akan ditambah dengan puluhan ekor kijang sebagai simbol ciri sejarah Kabupaten Indramayu.

“Keberadaan hutan kota sangat penting bagi masyarakat Indramayu. Selain memiliki fungsi menjaga iklim mikro, hutan kota juga mempunyai nilai estetika, menyerap air dan keanekaragaman hayati. Kita juga menginginkan hutan kota kayu putih yang ada di tengah kota ini bisa menjadi area edukasi dan wisata baru bagi masyarakat,” ungkap Supendi.

Sementara itu, General Manager HR and Corporate Affairs PT Polytama Propindo, Dwinanto Kurniawan, mengatakan, pihaknya tertarik untuk mengembangkan hutan kota kayu putih yang terletak di tengah Kota Indramayu. Pasalnya, perusahaan penghasil bijih plastik tersebut ingin menjadi bagian penting dan tak terpisahkan dengan masyarakat Kabupaten Indramayu.

Baca Juga:  Logtan: Digitalisasi Pertanian untuk Maksimalkan Produktivitas Hasil Panen

“Kami akan buatkan konsepnya. Kami ingin hutan kota ini menjadi lebih indah dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Dwinanto.

Loading...
Loading...