Rendang, Pangan Lokal yang Jadi Favorit di Seoul


Pertanianku — Di Festival Kuliner Indonesia di Seoul, rendang dan udang bumbu bali jadi pangan lokal favorit dari sekian menu Indonesia yang disajikan. Festival ini digelar di La Seine Restaurant, yakni restoran bintang 5 di jantung Kota Seoul. Pameran digelar selama sepekan penuh, sejak 9 hingga 15 September lalu.

pangan lokal
Foto: Google Image

Pensosbud KBRI Seoul Purno Widodo mengatakan, festival ini berhasil menarik lebih dari 6.000 pengunjung selama kurun waktu tersebut. Sementara, Banquet Manager Lotte Hotel Seoul, Daniel Song, tempat La Seine Restaurant berada mengatakan, biasanya pengunjung restoran harian rata-rata hanya berjumlah 250 orang.

Ahli kuliner Indonesia, William Wongso beserta dua asistennya secara khusus didatangkan untuk kegiatan yang didukung Kementerian Pariwisata Indonesia dan KBRI Seoul ini.

William Wongso menceritakan pengalamannya tiga tahun lalu saat mengikuti festival yang sama di Seoul.

“Sekitar tiga tahun lalu orang Korea tidak menyukai cita rasa rendang, namun sekarang mereka sangat menyukainya,” ujarnya.

William dan tim menyiapkan menu-menu Indonesia untuk sarapan dan makan malam selama festival. Menu-menu tersebut antara lain lontong cap go meh, soto ayam, selada bangka, ikan goreng dabu-dabu, rendang, udang bumbu bali, dan nasi goreng kampung. Sementara, untuk pencuci mulut disediakan kolak, cendol, dan carang gesing.

Selain itu, menu dari tempe seperti sayur lodeh dan tempe goreng juga disajikan. Pasalnya, tempe saat ini bukan lagi barang asing di Korea Selatan. Pasangan artis Korsel, Seok Young Oh dan Hong Seok-lah yang memopulerkannya.

Sebelumnya, pasangan artis tersebut belajar membuat tempe dari pengusaha tempe Indonesia di Jepang, yakni Rustono. Kini pasangan artis tersebut telah membuat tempe di daerah Taean dengan produksi lebih dari 500 bungkus per harinya.

Baca Juga:  Inovasi Unik, Sepatu dari Kulit Ceker Ayam

Dubes RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi, mengatakan Festival Kuliner Indonesia ini diselenggarakan bertepatan dengan kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Korea Selatan pada 9—11 September 2018. Restoran tempat diselenggarakannya festival adalah restoran di hotel yang juga menjadi tempat menginap Presiden RI.

Masyarakat Korea Selatan menggemari makanan dengan cita rasa pedas. Makanan Indonesia yang lebih kaya akan bumbu sangat mengena di lidah orang Korea Selatan. Oleh karena itu, tidak heran heran jika makanan rendang dan udang bumbu bali menjadi favorit selama festival.