Resep Bihun Sehat dari Berbagai Macam Sayuran

Pertanianku Resep bihun sehat merupakan bihun yang dibuat dari beberapa macam jenis bahan yang mengandung zat gizi, seperti mineral, vitamin, dan protein. Bahan tersebut biasanya berupa sayuran (wortel, bayam, atau buah bit), kacang-kacangan (kedelai atau kacang hiaju), ikan, dan umbi-umbian (ubi jalar atau ubi ungu).

resep bihun sehat
foto: pertanianku

Bihun sehat dapat menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi seluruh kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut resep bihun sehat dari berbagai macam sayuran.

Bahan-bahan:

Loading...

Bahan pelengkap dapat menyesuaikan dengan selera Anda, seperti wortel, bayam, buah bit, atau umbi jalar. Namun, bahan baku pembuatan bihun tetap sama.

  • Tepung beras 4.000 gram
  • Tepung tapioka 1.000 gram (jika menggunakan ubi ungu, tepung tapioka yang digunakan sebanyak 500 gram).
  • STPP 10 gram.
  • Wortel 1.000 gram/buah bit 1.000 gram/daun bayam 500 gram/ubi ungu 1.000 gram.
  • Air 4.000 cc (jika menggunakan ubi ungu, air yang digunakan sebanyak 5.000 cc).

Cara membuat:

  1. Kupas wortel/buah bit/ubi ungu, lalu cuci dan kukus selama 10 menit. Setelah itu, haluskan sayuran tersebut menggunakan blender dan ditambah sedikit air sekitar 500 cc, haluskan bahan tersebut hingga menjadi bubur. Jika Anda menggunakan daun bayam, Anda dapat langsung menghaluskannya dengan 500 cc air.
  2. Campurkan bubur tersebut, tepung tapioka, air, dan STPP. Lalu, masak seluruh campuran bahan tersebut hingga mengental. Selama proses pemasakan, adonan harus selalu diaduk agar tidak ada adonan yang gosong.
  3. Setelah mengental, angkat adonan. Tambahkan tepung beras, lalu aduk hingga adonan kalis.
  4. Selanjutnya, adonan dikukus selama 60 menit. Lalu, keluarkan adonan dan diamkan hingga dingin.
  5. Cetak adonan bihun yang sudah dingin dengan ekstruder.
  6. Kukus bihun yang sudah dicetak selama 60 menit, lalu keringkan bihun dengan mesin pengering.
  7. Bihun sudah siap untuk digunakan sebagai bahan masakan atau langsung dikemas dengan plastik yang tertutup untuk mencegah udara masuk.
Baca Juga:  Sayuran Buah yang Mudah Ditanam

Bihun dapat digunakan sebagai pengganti nasi karena kandungan karbohidrat yang terkandung cukup besar, yakni 77,7 gram dan energi 353 kkal.

Loading...
Loading...